Desa Terindah Di Dunia, Salah Satunya Berada di Indonesia

02-02-2017 08:02:31 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Sebuah majalah travel di Amerika beberapa waktu lalu pernah melansir mengenai desa-desa terindah di dunia. Dan salah satu desa tersebut ternyata ada di Indonesia. JV Readers mungkin tidak mengetahui hal ini, karena memang desa ini bukan terletak didaerah wisata yang terkenal. Terletak di Ranah Minang Sumatera Barat, desa yang diberi nama “Nagari Pariangan” dinobatkan menjadi salah satu desa terindah di dunia. Menyuguhkan pemandangan nan indah serta masih menjunjung tinggi adat istiadat masyarakat Minang yang kental, desa Nagari Priangan ini sebenarnya sangat menarik wisatawan untuk datang berkunjung kesana.

Nama Desa Priangan ini diambil dari kebiasaan warganya yang suka menunjukan keriangannya saat berhasil menjerat seekor rusa buruannya. Selain itu keriangan ini juga terpancar dari keindahan pemandangan yang menakjubkan. Mulai dari hamparan sawah yang menghijau dan kebun jagung yang luas menambah keelokan Nagari Priangan. Wisatawan domestik dan mancanegara yang datang berkunjung selalu mendatangi pemandian air panas dan dingin yang terletak di dekat Masjid Ishlah yang terdapat di desa Nagari Priangan ini.

Desa Priangan ini diyakini sebagai desa yang menjadi awal lahirnya sistem pemerintahan Khas masyarakat Minangkabau. Hampir semua desa di Ranah Minang yang memakai kata “Nagari” didepan nama desanya mengikuti Desa Priangan ini. Ketika keluar peraturan pemerinta melalui undang-undang mengubah sistem pemerintahan Nagari menjadi pemerintahan desa, ikut menggerus kemandirian dan egalitarian masyarakat Minang.

Salah satu obyek wisata unggulan desa Nagari Priangan ini adalah atraksi yang melombakan seekor sapi yang ditunggangi orang sebagai jokinya. Atraksinya ini dikenal dengan sebutan atraksi Pacu Jawi, yang bahkan sudah dikenal sampai ke mancanegara. Selain atraksi Pacu Jawi ini masih banyak obyek wisata lainnya seperti Batu Bandar, istana Baso Pagaruyung, air terjun Lembah Anai, Tanjung Mutiara di Danau Singkarak, panorama Alam Tabek Patah, puncak Pato, dan Batu Angkek-Angkek.(bbs)