Omed-Omedan Tradisi Berciuman di Bali Jadi Festival Unik

29-01-2017 07:01:25 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Bicara tentang tradisi, Indonesia bisa dibilang negara yang paling kaya akan hal ini. JakartaVenue coba menyajikan salah satu tradisi unik dari sekian juta tradisi negara kita tercinta Indonesia Raya. Tradisi yang akan kami sajikan bernama "Omed-Omedan". Apa sih omed - omedan itu?, cekidot guys.

Omed-omedan adalah event festival warisan budaya Bali dengan bentuk berciuman massal khusus para muda-mudi yang belum menikah, namun tentu saja dengan batasan usia minimal SMP dan semua peserta wajib mengenakan pakaian adat Bali.

Omed-omedan sendiri dari bahasa Bali yang berarti tarik menarik. Adegan berciuman sambil berpelukan pasangan muda-mudi ini bukan merupakan aksi pornografi loh, semua ini asli tradisi. Omed-omedan sendiri dirayakan setiap tahun setelah perayaan Nyepi. 

Sejarah perayaan festival berciuman massal ini sendiri berasal dari legenda masyarakat Bali. Kisah yang mengisahkan Raja Puri Oka yang sakit keras dan tidak ada seorangpun yang bisa menyembuhkan penyakitnya. Dan saat perayaan hari raya Nyepi, masyarakat Puri Oka menggelar acara omed omedan sehingga ramai dan tercipta kegaduhan. Sang raja yang sedang sakit pun merasa terganggu dan marah akan hal itu, sang raja yang mencoba membubarkan kegaduhan tersebut berjalan tergopoh gopoh keluar dari istana.

Hal aneh pun terjadi, sang raja yang awalnya ingin membubarkan perayaan tersebut justru malah sembuh dari penyakitnya setelah melihat peristiwa perayaan omed omedan tersebut. Sang raja yang senang pun akhirnya mengeluarkan titah kepada seluruh masyarakatnya untuk merayakan Omed-omedan setiap tahunnya setelah perayaan hari raya Nyepi.