Rayakan Tahun Baru Imlek, Galeri Indonesia Kaya Selenggarakan Open Mic: Gong Xi Gong Xi

28-01-2017 11:01:22 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Merayakan Tahun baru Imlek, Galeri Indonesia Kaya mempersembahkan Open Mic: Gong Xi Gong Xi oleh Komunitas Unmasked dan Gambang Peranakan Nanfeng Nusantara di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, hari ini.

Kegiatan ini  Unmasked merupakan sebuah komunitas puisi yang berbasis di Jakarta yang secara rutin menyelenggarakan open mic pembacaan puisi dari berbagai profesi yang memiliki minat untuk berpartisipasi dalam membacakan karya puisinya. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Gambang Peranakan Nanfeng Nusantara yang akan membawakan lagu-lagu bernuansa peranakan dan akan ditutup dengan kemeriahan penampilan barongsai.

Acara ini dibuka oleh Tari Lenggang Nyai oleh peserta ruang kreatif Galeri Indonesia Kaya dan dilanjutkan dengan Orkes Gambang Peranakan Nanfeng Nusantara. Penikmat seni akan diajak menyaksikan kemeriahan Tahun Baru Imlek melalui puisi bertema cinta, keberagaman, dan kemeriahan Imlek yang dibawakan oleh para penonton dan komunitas Unmasked. Sastrawan dan penulis Putu Fajar Arcana yang sudah banyak melahirkan karya buku kumpulan puisi dan novel, salah satunya Gandamayu yang dipentaskan bersama Teater Garasi pada tahun 2012 di Gedung Kesenian Jakarta, juga turut serta membacakan puisi karyanya di hadapan para penikmat seni.

Hadir juga dua dari penggagas Unmasked, Putri Minangsari dan pangeran Siahaan yang membawakan puisi karya kolaborasi mereka. Okky Madasari, seorang penulis novel dan pemenang penghargaan sastra khatulistiwa 2012 melalui novel berjudul Manyar juga turut tampil menutup penampilan open mic ini. Okky dikenal melalui karyanya yang selalu menggugah kesadaran pembacanya.

“Budaya peranakan menjadi bagian kekayaan keragaman budaya Indonesia yang harus kita lestarikan. Dalam rangka perayaan Imlek ini, Galeri Indonesia Kaya menghadirkan open mic bersama Unmasked yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk membacakan karya puisinya. Kami mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek, semoga tahun ayam api ini membawa kebaikan dan kebahagiaan bagi kita semua,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang publik yang didedikasikan untuk masyarakat dan dunia seni pertunjukan Indonesia sebagai wujud komitmen Bakti Budaya Djarum Foundation untuk terus memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Indonesia khususnya generasi muda agar tidak kehilangan identitasnya sebagai bangsa Indonesia.

Berlokasi di West Mall Grand Indonesia lantai 8 ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dalam memadukan konsep edukasi dengan digital multimedia untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia, khususnya bagi generasi muda, dengan cara yang menyenangkan, terbuka untuk umum, dan tidak dipungut biaya.