Ternyata Gadget Juga Berguna Bagi Anak

26-01-2017 09:01:35 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Gadget adalah salah satu bukti  dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak keuntungan dan banyak juga kerugian atau sisi negatif yang bisa mengkhawatirkan, terutama para orang tua yang mengalami ke khawatiran ini. Karena banyak kejadian yang sudah terbukti dilapangan bahwa seorang anak kecil bisa menjadi kecanduan gadget sehingga berdampak pada tumbuh kembangnya.

Di luar segala macam bentuk ke khawatiran dan berbagai pemikiran negatif tersebut, tgernyata ada sisi positif dan manfaat dari gadget ini. Seperti dilansir antaranews.com yang mengutip perkataan Annelia Sari Sani, Psikolog bahwa seorang anak yang gemar bermain gadget biasanya sanggup memilah informasi yang ada di dunia maya.

Dengan terbiasa memainkan gadget, baik itu tablet ataupun smartphone android maka biasanya anak-anak akan cepat memilih dan memilah informasi seperti apa yang mereka butuhkan. “Anak-anak cepat memilih mana yang mereka butuhkan dan mana yang tidak,” kata Annelia saat berdiskusi. Bahkan seorang anak yang gemar bermain game di gadget mempunyai keuntungan karena permainan yang ada digadget dapat membantunya dalam mengambil keputusan secara tepat dibandingkan dengan anak-anak yang tidak bermain gadget.

Namun Annelia juga mengingatkan tentang peran orang tua dalam meng-edukasi anak serta mendampingi anak dalam penggunaan gadget. Karena selain membantu anak membuat keputusan, juga membuat kemampuan koordinasi motorik anak meningkat. Diluar semua itu tetaplah seorang anak membutuhkan komunikasi sosial di dunia nyata dalam kehidupannya, karena hal itu diperlukan untuk mengasah emosi dan menumbuhkan empati anak terhadap lingkungan sekitarnya. (dikutip dari antaranews.com)