Sakit Pinggang Bukan Karena Kurang Minum, Berikut Mitos Tentang Air Putih

23-01-2017 01:01:10 By Ganest Afliant
img

Jakartavenue | Air mineral atau biasa masyarakat di Indonesia menyebutnya air putih memiliki serangkaian manfaat. Selain sebagai penghilang rasa haus dan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air putih juga berfungsi mengontrol kalori, menjaga fungsi ginjal, dan masih banyak yang lainnya.

Tetapi dibalik banyaknya manfaat tersebut, masyarakat perlu tahu bahwa ada juga beberapa mitos dibalik beragam kesaktian air mineral tersebut. Mungkin sering kita mendengar hal-hal yang beredar dalam masyarakat dan sangat dipercaya seputar meminum air putih.

Sebagai contoh, kita harus meminum air putih sebanyak delapan gelas dalam satu hari. Padahal belum ada fakta ilmiah yang membuktikan bahwa anjuran tersebut bisa mengoptimalkan kesehatan kita. Yang terjadi adalah, berapa banyaknya air putih yang harus kita minum itu tergantung dari berapa usia kita, berat badan, suhu tubuh, aktivitas dan keadaan, misal wanita yang sedang hamil.

Berikut kesalahpahaman atau mitos tentang air putih:

Air Putih Dingin Bikin Gemuk

Beredar dan dipercaya masyarakat bahwa dengan meminum air putih bisa membuat kita gemuk. Padahal yang benar adalah, sedingin apapun air putih yang kita minum akan dihangatkan oleh tubuh sesuai dengan suhu pada system pencernaan kita. Bukan hanya air dingin, namun sebaliknya suhu sepanas apapun air yang kita minum juga akan disesuaikan suhunya ketika masuk dalam tubuh.

Sakit Pinggang Diakibatkan Kurang Minum Air Putih

Sering kali kita mendengar ketika ada seseorang mengeluhkan sakit pinggang pasti seseorang yang lain mengatakan hal tersebut karena kurang cairan atau kurang minum air putih. Fakta mengatakan, menurut ahli medis tidak ada hubungannya  sakit pinggang dengan kurang minum air putih.

Air Putih Sebagai Obat

Banyak ditemukan juga bahwa air putih digunakan sebagai penyembuh pada beberapa pengobatan alternative. Ketika kita sakit dianjurkan untuk banyak meminum air putih agar cepat sembuh karena dipercaya bisa menetralisir racun dalam tubuh. Faktanya air putih tidak bisa menteralisir racun, melainkan ginjal lah yang berperan menyingkirkan racun dalam tubuh kita, hanya saja ginjal memerlukan air untuk bekerja maksimal dalam membuang kotoran dan racun.

Banyak Minum Air Putih Dapat Melembabkan Kulit

Kesalahpahaman besar juga terjadi dalam pernyataan ini. Kelembaban kulit sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti lingkungan, polusi, kelenjar minyak, perawatan dan bukanlah dari factor internal. Jadi tidak pengaruh berapa banyak air yang kita minum terhadap kelembaban kulit.