Gunakan Cara Ini Agar Tidurmu Lebih Berkualitas

23-01-2017 12:01:49 By Rasyid Hadi
img

JakartaVenue | Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting karena jika kamu selalu mendapatkan jam tidur yang kurang, akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatanmu. Ada banyak sekali manfaat kesehatan dari kebiasaan tidur yang cukup dalam setiap harinya seperti untuk kesehatan jantung, mengurangi tingkat stres, dan menjaga memori supaya berfungsi dengan baik. Memperbaiki kualitas tidur sangat disarankan untuk dilakukan jika kamu ingin kondisi tubuh tetap sehat dan selalu bugar.

Tidak semua orang bisa mendapatkan tidur nyenyak. Ada berbagai alasan yang membuat seseorang kesulitan tidur, salah satunya seperti permasalahan hidup seperti konflik dalam rumah tangga atau urusan pekerjaan dapat membuatmu stress. Berikut tips yang membuat tidur malammu menjadi lebih nyenyak:

Atur Jadwal Tidur

Ingin tidur lebih pulas? Cobalah untuk tidur dalam waktu yang sama tiap malam dan bangun pada waktu yang sama saat pagi. Rutinitas tidur teratur membuat jam biologismu sehingga kamu beristirahat stabil baik. Biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.

Jangan Makan Sebelum Tidur

Waktu terakhir untuk makan adalah 4 jam sebelum tidur. Misalnya kamu merencanakan ingin tidur jam 11 mala, maka batas akhir kamu makan itu jam 7. Lewat dari itu, sebaiknya jangan. Karena, makanan di dalam tubuhmu akan diproses selama sekitar 4 jam. Sistem pencernaan tubuhmu pun tetap bekerja meskipun kamu tetap tidur. Hal ini membuat tubuhmu akan bertambah capek, sehingga kamu butuh waktu tidur yang lebih.

Hindari Bekerja Atau Nonton TV di Kamar Tidur

Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiranmu bisa santai. kamu juga dianjurkan ‘melupakan’ sejenak pikiran-pikiran yang ada hubungannya dengan pekerjaan, deadline, atau ujian. Singkirkan laptop dari tempat tidur atau kamu bisa tergoda berselancar di dunia maya dan akhirnya menggunakan waktu tidur untuk online. Hal yang juga harus coba dihindari adalah menonton TV di kamar tidur.

Pastikan Lampu Kamar Padam

Sangat disarankan jika kita tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh kita.

Hindari Olahraga Keras Sebelum Tidur

Olahraga berat yang dilakukan sebelum tidur pada sebagian orang bisa membuat segar dan butuh waktu lama untuk menenangkan diri. Untuk menghindari sulit tidur karena segar setelah berolahraga, kamu disarankan menggantinya dengan relaksasi yang menenangkan. Melakukan yoga, membaca buku, mandi air hangat, atau mendengarkan musik bisa menjadi pilihan. Berbeda dengan olahraga berat, perlu diingat bahwa aktivitas seksual cenderung membuat kantuk.