Anda Terlanjur Menyebar Hoax? Lakukan Hal Berikut Agar Tak Dipenjara

22-01-2017 11:01:17 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Hoax saat ini menjadi sorotan, karena makin maraknya informasi-informasi bohong yang beredar di masyarakat dan sayangnya masyarakat ikut menjadi penyebar kabar bohong tersebut. Informasi sesat itu sekarang ini sudah masuk ke taraf meresahkan, selain kabar yang disebarkan tersebut memuat kebohongan juga berisikan fitnah.

Karena sudah membuat resah hingga akhirnya Kepolisian Republik Indonesia bereaksi. Tidak main-main, penyebar hoax dapat diancam dengan pidana enam tahun penjara dan denda sebesar Rp. 1 Miliar. Maka dari itu diharapkan masyarakat dapat terlebih dahulu menahan hasrat untuk menyebarkan sesuatu yang belum pasti kebenarannya.

Dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE Pasal 28 ayat 1 dijelaskan, “Setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.”

Jika Anda terlanjur menyebarkan berita hoax tersebut dikarenakan belum mengetahui tentang adanya ancaman pidana dan denda yang telah ditetapkan, maka lakukanlah hal berikut:

Tidak Menghapus Postingan Hoax

JIka terlanjur menyebarkan hoax maka sebaiknya tidak menghapus postingan tersebut, sebab boleh jadi hoax yang disebarkan tadi telah hilang dari laman sosmed Anda, tapi sesungguhnya tidak menyelesaikan masalah.

Memberikan Klarifikasi

Daripada menghapus postingan hoax tersebut, lebih baik memberikan klarifikasi dengan membuat postingan baru yang berisikan pemeritahuan bahwa postingan sebelumnya adalah kabar yang tidak benar, kemudian berikan informasi versi yang benar.

Permohonan Maaf

Ketika menyadari telah melakukan kesalahan, sebaiknya adalah meminta maaf. Setelah memberikan klarifikasi dan memberikan informasi yang benar, tulis juga permohonan maaf kepada khalayak di media sosial tempat informasi keliru tersebut dibagikan. Dengan begitu netizen akan memaklumi dan menyadari bahwa Anda tidak secara sengaja berniat menyesatkan.

Laporkan  Hoax

Gunakan fasilitas yang ada untuk melaporkan bahwa ada sesuatu yang tidak pantas ataupun hal yang tidak benar. Facebook, Twitter, Google ataupun jejaring sosial lainnya sangat mendukung dalam memberantas hoax. Oleh karena itu segeralah laporkan postingan berisi hoax tersebut.