Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

21-01-2017 02:01:24 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue | Jomblo adalah istilah yang sering kita dengar yang ditujukan bagi mereka yang belum punya pasangan/pacar atau yang belum menikah. Bagi mereka yang sudah menginjak usia dewasa dan belum memiliki pasangan atau menikah, terutama kaum wanita pasti menjadi momok yang menyebalkan, menakutkan, atau menghindar bila mendengar istilah jomblo ini. Banyak hal yang mungkin menjadi penyebab kenapa seseorang masih men-jomblo walaupun usia mereka sudah terbilang dewasa. Salah satunya menurut pengamatan tim Jakartavenue adalah kesiapan mengahadapi pernikahan dan setelah pernikahan itu sendiri. Nah bagi JV Readers yang sudah tidak jomblo lagi dan memutuskan untuk menikah tahun ini, ada beberapa tips yang akan tim Jakartavenue bagikan mengenai apasaja yang harus dilakukan setelah menikah nanti agar pernikahan yang sudah dijalani dapat bertahan lama/langgeng.

Setelah melewati proses yang panjang dan melelahkan serta menyita banyak waktu dan pikiran, akhirnya sepasang kekasih bisa menyatukan hati mereka didalam sebuah pernikahan yang sakral. Tetapi hubungan ini tidak selesai sampai di tahap ini (pernikahan) saja, karena patut JV Readers ketahui bahwa sebenarnya pernikahan itu ibarat sebuah pintu gerbang dalam membina sebuah rumahtangga. Atau dengan kata lain awal dari lembaran baru dalam kehidupan dua pribadi menjadi satu kesatuan dalam membentuk sebuah rumahtangga yang dicita-citakan yaitu langgeng sampai akhir hayat. Namun untuk sampai kesana, inilah beberapa hal yang patut mereka pahami dan lakukan yakni;

Komunikasi

Seperti ketika masih berpacaran dulu, seringkali komunikasi dilakukan dengan kata-kata yang mesra kepada pasangannya maka hal itu jangan sampai hilang saat sudah menikah. Teruskan komunikasi tersebut setiap hari, setiap saat, dan sampai tua (sampai akhir hayat). Selain itu komunikasi yang baik dan lancar juga dapat mengurangi kesalah-pahaman antar suami dan isteri. Banyak pasangan yang sering menganggap remeh masalah komunikasi dalam rumah tangga, berakibat perceraian. Oleh karena itu komunikasi menjadi sesuatu yang sangat penting dalam rumahtangga setiap orang.

Tunjukan rasa cinta yang tulus kepada pasangan

Cinta yang tulus adalah cinta yang keluar dari hati yang paling dalam dan tanpa kepura-puraan adalah hal terindah bagi pasangan dan juga hubungan suami isteri. Selain melalui kata-kata, ungkapan cinta yang tulus juga dapat dilakukan dengan perbuatan yang menyenangkan pasangan masing-masing. Karena ungkapan cinta yang tulus bisa bermakna sebagai pujian dan perhatian serta pengakuan akan rasa saying kita kepada pasangan dan sebaliknya.

Kejujuran

Kejujuran adalah hal yang tak kalah penting dalam menjalin rumahtangga. Bila salah satu dari pasangan sudah tidak jujur terhadap yang lain, maka akan menimbulkan konflik yang berulang-ulang sampai akhirnya berpisah. Apabila ada satu kesalahan yang tidak disengaja dan mengakibatkan ketidak jujuran, sebaiknya segera minta maaf dan tidak dilakukan kembali.

Saling menjaga perasaan pasangan

Dalam nejalin hubungan cinta dalam sebuah rumahtangga, saling menjaga perasaan pasangan juga wajib dilakukan. Hal ini supaya tidak ada yang merasa disakiti satu sama lain. Bila ada sesuatu yang ingin disampaikan lakukan dengan hati-hati, jangan sampai membuat pasangan kita tersinggung, tersudut, atau terhakimi tapi lakukan dengan kelemah-lembutan. Niscaya pasangan kita pun dapat menerimanya dengan senang hati.

Saling memberi hadiah atau perhatian

Tidak ada salahnya bila kita lakukan kejutan-kejutan dan perhatian lebih buat pasangan kita, selama itu dilakukan sebagai wujud rasa cinta dan saying kita pada pasangan kita. Justru ini akan menambah suasana harmonis dan romantis dalam rumahtangga. Contoh saat pasangan kita ulang tahun, secara tiba-tiba kita kasih hadia bunga, kado, ataupun kecupan saying maka hal ini dapat membuat pasangan kita mengetahui betapa kita mencintainya sepenuh hati.