Benarkah Vegetarian Bebas Dari Serangan Jantung?

21-01-2017 12:01:42 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue | Berbagai macam pola hidup sehat sering kali kita dengar, guna mengatasi atau mencegah terkena penyakit stroke/serangan jantung coroner. Tapi tetap saja penyakit yang merupakan pembunuh nomor satu didunia ini masih menjadi momok yang menakutkan banyak orang. Bahkan berbagai program diet, dari yang normal hingga yang ekstrim rela dijalankan banyak orang demi mendapatkan hidup yang sehat dan bebas dari berbagai penyakit.

Berbicara mengenai diet ini, ada sebuah diet yang juga menjadi pola makan dan hidup sehat dari sebagian orang yakni “Vegetarian”. Vegetarian sendiri sebenarnya adalah sebuah pola makan yang hanya mengkonsumsi sayur-sayuran, namun dijadikan orang sebagai program diet alami. Tetapi yang jadi pertanyaannya adalah benarkah dengan menjadi vegetarian kita bisa bebas dari penyakit, seperti stroke, diabetes, obesitas, dan lain-lain? Menurut laporan kesehatan yang tim Jakartavenue kutip dari Klikdokter.com, vegetarian dapat menghindarkan kita dari penyakit seperti diatas adalah relative jawabannya. Mengapa demikian?

Perlu JV Readers ketahui bahwa salah satu penyebab penyakit stroke/serangan jantung coroner adalah faktor keturunan atau genetika. Hal ini tidak terbantahkan dan tidak dapat dihindari pastinya. Tetapi selain faktor genetika tadi, masih ada beberapa faktor lain yang bisa JV Readers hindari atau kendalikan antaralain; merokok, kegemukan/obesitas, kadar kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi, dan penyakit gula/diabetes melitus. Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur adalah pencetus timbulnya faktor-faktor diatas, sehingga seseorang akhirnya menderita stroke/serangan jatung.

Dengan hanya mengkonsumsi makanan dari sayur-sayuran dan buah, seharusnya dan kenyataannya seorang vegetarian akan memiliki resiko terkena stroke atau serangan jantung relative lebih kecil. Namun dari berbagai penelitian yang dilakukan, didapatlah hasil-hasil positif mengenai rendahnya resiko bagi vegetarian terkena berbagai penyakit yang disebutkan diatas. Namun bukan berarti vegetarian ini terbebas dari ancaman, karena bila tidak memperhatikan hal-hal dibawah ini bukan mustahil seorang vegetarian bisa terkena penyakit berbahaya seperti:

  • Vegetarian yang tidak menjaga porsi makan atau gemar akan makanan yang bersifat manis, yang menjadikannya kegemukan atau obesitas sehingga beresiko terkena serangan jantung.
  • Vegetarian yang suka mengkonsumsi goreng-gorengan juga dapat mengakibatkan kolesterol tinggi dalam darah, walaupun tidak semua kolesterol berasal dari makanan.
  • Vegetarian tapi seorang pecandu rokok berat, hal ini juga dapat mengakibatkan resiko terkena serangan jantung.

Jadi JV Readers, vegetarian memang bisa membuat orang kecil kemungkinan terkena serangan jantung. Tetepi bila hal itu diikuti dengan pola hidup yang sehat pula.