Hati-hati Bermain Ponsel Saat Dekat Dengan Anak!

19-01-2017 11:01:24 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - JV Readers yang baik, apakah kalian termasuk seseorang yang maniak gadget atau geek gadget? Artinya tanpa gadget dunia atau hidup serasa hambar, tidak bergairah, bisa jadi membosankan. Kalau benar, mulai sekarang harus berhati-hati apabila sedang berdekatan dengan sang biuah hati. Kebanyakan bagi para ibu yang mempunyai anak bayi atau balita, tidak terkecuali juga bagi seorang ayah. Kenapa demikian?

Menurut penelitian dan himbauan dari para ahli medis (dokter) hal ini, tanpa kita sadari ponsel atau gadget dapat menimbulkan dampak negative bagi anak-anak pada umumnya dan anak kita khususnya. Boleh saja kita termasuk seorang yang tidak bisa lepas dari handphone (hp), namun kita juga harus lebih bijaksana saat kita ingin atau sedang berdekatan dengan anak kita ataupun anak-anak umumnya. Karena menurut sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu, para ahli menemukan bahwa paparan radiasi dari ponsel bisa membahayakan perkembangan otak seorang bayi atau anak-anak usia balita. Hal ini disebabkan ukuran otak dan kepala seorang anak lebih kecil dari orang dewasa, begitu juga dengan tulang kepala yang melindungi otak. Sedangkan paparan radiasi dari ponsel yang diterima si anak sama dengan yang diterima oleh si ibu atau ayah yang saat itu sedang bersama si anak.

Yang dikhawatirkan para ahli kesehatan adalah resiko fatal yang akan berdampak pada sang anak, karena terlalu sering menerima paparan radiasi dari ponsel saat bersama orang tuanya besar kemungkinan sang anak beresiko terkena kanker otak. Memang prosesnya tidak akan terjadi seketika itu juga, tetapi berlangsung dalam proses yang panjang/lama. Tidak hanya itu saja si anak juga akan memiliki short attention span (gangguan pemusatan perhatian), yaitu rasa tidak diperhatikan atau kurang perhatian. Karena saat bermain atau mau beriteraksi dengan orang tuanya, ternyata mereka lebih focus kepada ponselnya.

Nah JV Readers, tentu kalian tidak mau kan kalau sampai anak-anak kalian mengidap kanker otak nantinya. Atau juga menjadi anak yang minder, karena kurangnya perhatian dari orang tua yang sibuk dengan ponselnya. Jadi yang sebaiknya dilakukan adalah merubah sedikit kebiasaan kita sebagai orang tua yang sibuk, namun tidak melupakan waktunya untuk bermain bersama anak maupun keluarga tanpa ada gangguan dari ponsel ataupun radiasinya. Good Job Guys!!!!ip (dikutip dari klikdokter.com)