53 Tahun Lalu, The Beatles Pertama Kalinya Masuk Tangga Lagu Billboard

18-01-2017 04:01:41 By Rasyid Hadi
img

JakartaVenue - Hari ini 18 Januari 1964, The Beatles tampil dalam tangga lagu majalah Billboard untuk pertama kalinya. SingleI Wanna Hold Your Hand” bertengger di urutan ke 45 dalam 100 hot chart dan mulai menguasai puncak tangga lagu 10 hari kemudian. Tidak hanya menjadi yang tercepat dalam memuncaki tangga lagu di Amerika, single terbut  juga menjadi yang tercepat dalam penjualan dalam sejarah Capitol Records dan menjadi lagu dengan penjualan terbaik di seluruh dunia.

Merajai tangga lagu Amerika selama tujuh pekan, The Beatles melanjutkan kedigdayaannya dengan lagu pengganti "She Love You." Dan pada 2013 majalah Billboard menganugerahi singleI Wanna Hold Your Hand sebagai "The 44th Biggest Hit of All-time" dalam Billboard Hot 100 charts.

Majalah Billboard adalah mingguan industri musik asal Amerika Serikat. Isinya berupa tangga musik mingguan yang disusun berdasarkan perkembangan kepopuleran lagu dan album. Tangga Billboard yang paling terkenal adalah Billboard Hot 100 yang mendaftar urutan 100 lagu terpopuler tanpa memandang genre atau aliran musik.

Billboard Hot 100 dibuat dengan merangking atau mengurutkan 100 buah singel berdasarkan penjualan dan pemutaran di radio-radio di wilayah Amerika. Memegang singel yang mencapai posisi 1 di tangga lagu ini merupakan sebuah kebanggaan bagi seorang artis. Hingga saat ini, figur yang paling banyak memegang singel no. 1 di Billboard Hot 100 adalah The Beatles dengan total 20 buah singel.

Bermula dari aliran skiffle dan rock and roll 1950-an, kelompok ini nantinya memainkan musik dalam berbagai genre mulai dari folk rock sampai rock psikedelik, memasukkan juga unsur musik klasik dan elemen lain dengan cara inovatif. The Beatles dipandang sebagai perwujudan ide-ide progresif, berpengaruh terhadap revolusi sosial budaya dekade 60-an.

Pada awalnya The Fabulous Four  yang di gawangi oleh John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr hanya terkenal di club club kecil di daerah Liverpool dan Hamburg selama 3 tahun mulai tahun 1960. Setelah itu Beatles ditempa menjadi professional oleh seorang pemilik toko musik Brian Samuel Epstein, setelah itu dia menjadi manager Beatles.  Peran Epstein dalam awal kesuksesan The Beatles tidak dapat dipisahkan. Karena kemampuan entrepreneurial dan promotional Epstein, mereka melesat menjadi terkenal di seluruh dunia. Epstein memberikan gaya berpakaian yang rapi kepada The Beatles,tidak seperti band rock pada umumnya.Gaya berpakaian inilah yang nantinya akan menjadi ciri khas daripada band legendaris ini.

Setelah di manageri oleh Epstein, The Beatles juga  memperbaiki potensi musikalitasnya oleh produser George Martin. Martin sering disebut "Beatle kelima" dan bertindak sebagai produser, kolaborator dan mentor untuk John Lennon, Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr. Selama enam dekade berkarir dalam industri musik, Martin telah memproduksi hampir semua rekaman The Beatles, dan juga bekerjasama dengan musisi lain seperti Gerry & the Pacemakers, Jeff Beck, America, Cheap Trick dan lainnya.