Pergi Berlibur Imlek ke Singkawang Akan Disuguhkan Berbagai Acara Menarik

17-01-2017 12:01:04 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Sebentar lagi Tahun Baru Imlek akan tiba. Bagi sebagian orang ada yang memanfaatkan momen tersebut untuk pergi berlibur atau traveling. Bagaimana tidak, dalam Tahun Baru Imlek biasanya akan disemarakan dengan berbagai perayaan. Nah ada satu tempat atau kota yang selalu ramai dengan perayaan Imlek bahkan diklaim sebagai pesta perayaan terbesar se-Asia Tenggara.

Adalah Singkawang, jelas saja kota ini selalu ramai dan meriah dengan perayaan Imlek, dari namanya saja sudah kental nuansa pecinan, penduduknya pun mayoritas orang Hakka. Maka itu  Singkawang berasal dari bahasa Hakka (salah satu suku Tionghoa-red) yaitu San Kew Jong, begini nih tulisannya  ??? yang dimaksudkan adalah sebuah kota di bukit dekat laut.

Singkawang terletak di wilayah Kalimantan Barat atau tepatnya sebelah utara Pontianak ibukota Kalimantan Barat. Betul saja penamaan yang dimaksud San Kew Jong, Singkawang dikelilingi oleh beberapa gunung, yaitu pegunungan Pasi, Poteng dan Sakok.

Pada saat Tahun Baru Imlek, Singkawang selalu ramai dan meriah dengan berbagai pesta perayaan. Diklaim sebagai pesta perayaan terbesar se-Asia Tenggara karena rangkaian acara digelar mulai dari Tahun Baru Imlek hingga Cap Go Meh. Seluruh kota akan dipenuhi dengan nuansa merah dan pernak-pernik khas Imlek lainnya.

Disaat malam tiba kita dapat menikmati indahnya nyala dari ratusan hingga ribuan lampion. Pada siang harinya digelar parade kendaraan hias juga berbagai pertunjukan siap menyemarakkan liburan seperti barongsai, Tatung dll. Tatung adalah sebuah ritual menarik yang juga digemari turis asing. Dalam ritual ini ada beberapa orang mengalami kesurupan dewa-dewi yang dipercaya penganut Konghucu. Biasanya Ritual Tatung ini dilakukan pada saat Cap Go Meh.

Untuk pelaksanaan perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini akan diadakan di Singkawang Grand Mall pada 27 Januari hingga 11 Februari 2017. Dalam festival nanti akan diramaikan dengan berbagai stan yang menampilkan produk-produk local juga barang-brang branded dengan dikemas semenarik mungkin.

Selain itu juga akan nada naga sepanjang 178 Meter bersama Kilin, Ayam dan Merak yang menghiasi. Ditambah lagi 6000 lampion akan dipasang di Singkawang Grand Mall. Rencananya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan turut hadir dalam perayaan tersebut.