Mengintip Apa Saja Pernak-Pernik Khas Imlek

16-01-2017 09:01:28 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Menjelang Imlek biasanya para penjual pernak-pernik imlek sudah berjamur di pasar-pasar traditonal maupun mal/pusat perbelanjaan modern. Bagi warga etnis Tionghoa inilah saatnya mereka menghiasi rumah, terlebih yang masih menganut kepercayaan ini dengan kental. Selain perlengkapan menyambut imlek seperti kue keranjang (dodol), lilin sembahyang, dan lain sebagainya. Belum lagi dengan hal yang lainnya seperti pernak-pernik atau hiasan imlek, seperti yang akan tim Jakartavenue ulas berikut ini.

Bicara tentang pernak-pernik Imlek pasti bayangan kita yang pertama kali adalah angpao dan baju berwarna merah, atau bisa juga pertunjukan tentang barongsai. Namun pengertian sesungguhnya dari pernak-pernik ini mungkin JV Readers tidak mengetahuinya. Berikut ada beberapa pernak-pernik imlek dan penjelasannya seperti dikutip dari rumahku.com:

Amplop angpao

Angpao adalah amplop merah yang dipakai untuk mengisi uang yang akan diberikan kepada anak-anak kecil sebagai bentuk kasih sayang.

Pohon Mei Hwa

Pohon bunga mei hwa atau yang dikenal dengan pohon angpao adalah sejenis pohon sakura yang berwarna pink atau merah, sebagai penghias ruangan yang telah digantungi dengan angpao dan hiasan lainnya.

Gantungan (pajangan)

Banyak macam gantungan/pajangan sebagai pernak-pernik imlek seperti gantungan berbentuk shio atau zodiak China, simbol keberuntungan dan lampion. Semua jenis gantungan atau pajangan harus berwarna merah.

Parcel

Seperti layaknya hari raya lainnya seperti Idul Fitri atau Natal, pada perayaan imlek juga disiapkan parcel untuk dibagikan sebagai ucapan selamat kepada orang yang dikasihi ataupun rekan bisnis.

Itulah beberapa pernak-pernik yang harus ada atau selalu ada di saat hari raya Imlek. Dan kenapa hal ini terkesan wajib, karena semua pernak-pernik ini dipercaya akan memberikan berkah bagi mereka yang menjalankan dan melakukannya sesuai dengan tradisi yang turun-temurun dilakukan.