Belakangan Ini Hipster Sedang Booming, Sebenarnya Apa Hipster Itu?

16-01-2017 06:01:13 By Rasyid Hadi
img

JakartaVenue - Istilah hipster sendiri sudah mulai terdengar di Indonesia sejak pertengahan tahun 2000-an dan semakin banyak peminatnya 3 dan 4 tahun belakangan ini di kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogya.

Hipster adalah suatu kata yang menggambarkan seorang anak muda independen (indie), kreatif, berwawasan luas dan progresif, menolak hal-hal yang dianggap umum dan populer (mainstream), serta menunjukkan sisi individualisme mereka lewat pemikiran maupun penampilan yang terkadang dianggap eksentrik bagi orang awam dari segi film, musik, fashion, maupun memilih kawan. Biasanya kaum Hipster hadir di kalangan yang ekonominya bisa di bilang menengah keatas.

Istilah atau julukan Hipster biasanya di berikan kepada orang yang unik atau yang suka lain sendiri, karena keunikan dan originalitas-nya dia dijuluki Hipster. Biasanya seorang Hipster jika gaya mereka sudah naik daun alias populer, mereka akan mengganti gaya mereka yang populer tersebut, dan mencari gaya yang lain yang belum banyak di ketahui orang lain.

Karena hipster memiliki gaya mereka yang stylish, terlihat cerdas, mempunyai aura kekerenan, eksklusif dan trendi, menjadikan banyak menginpirasi para kaum peniru. Para peniru tersebut disebut dengan istilah "Poser / Poseur". Sekarang, karena banyaknya orang yang menjadi Poser kemanapun kita pergi ke tempat atau acara yang didominasi anak muda, dengan gampang kita akan menemukan orang-orang yang secara penampilan bisa masuk kategori hipster. Dalam konteks lokal, khususnya di Jakarta bisa dijumpai di setiap konser musik garapan Ismaya Live, semua cabang toko buku Aksara, di concept store seperti The Goods Dept, acara budaya di Goethe dan Salihara, atau kafe-kafe berinterior trendi minimalis di daerah Senopati, Kemang, dan Panglima Polim.

Jadi apakah kamu tergolong kaum Hipster atau Poser? Apapun kamu, jadilah diri sendiri, karena dengan menjadi diri sendiri kamu akan memiliki rasa percaya diri lebih tanpa ada embel - embel yang membuatmu keren dan original.