Kuliner Jogja Tak Hanya Gudeg, Sesekali Coba Bakso Paru Disini!

15-01-2017 04:01:06 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Jogja selalu punya daya tarik bagi siapapun, tampilannya yang bersahaja membuat wisatawan selalu merasa ingin kembali kesana. Bukan tidak mungkin, karena banyak sekali yang ditawarkan kota yang berjuluk kota pelajar ini.

Pertama sekali adalah suasana, pada saat malam hari di Jl. Malioboro akan dirasakan suasana yang tenang tidak seperti suasana di ibukota yang selalu ramai dan penat dengan lalu lalang kendaraan dimanapun kita berada.

Kedua adalah destinasi wisata, seperti kita ketahui di Jogjakarta banyak sekali tempat wisata, dari mulai wisata sejarah seperti Candi Borobudur, Prambanan, dll. Wisata pantai seperti, Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai pasir putih Pok Tunggal, dll. Juga masih banyak wisata lainnya seperti wisata alam, wisata permainan, kebun binatang serta wisata kuliner.

Nah khusus wisata kuliner di Jogja juga tidak kalah menarik untuk dibahas. Karena ada banyak panganan khas Jogja yang enak dan menggoyang iman kita. Yang sudah banyak diketahui adalah Nasi Gudeg, Nasi Rames, Nasi Kucing, dll. Namun tidak sedikit juga yang lupa kalau Jogja juga punya bakso yang tentunya bikin kita ketagihan.

Dari sekian banyaknya jenis bakso khas Jogja, ada satu yang bikin perut keroncongan walaupun hanya mendengarnya saja, wah gimana kalau sudah ada di depan mata ya, dia adalah Bakso Paru Pak Kintel. Bakso Paru Pak Kintel berbeda dari bakso lainnya, yang menjadi istimewa adalah terdapat potongan paru sapi pada tiap porsinya.

Bakso yang beredar sejak awal tahun 80’an di kawasan Nol Kilometer Yogyakarta ini berisikan beberapa butir bakso sapi, mie kuning, bihun, tahu, irisan daun seledri, bawang goreng dan yang utama adalah potongan paru sapi lalu siraman kuah kaldu yang betul-betul menjadi satu kesatuan yang sempurna.

Oleh Pak Kintel atau bernama asli Trisno Wiyadi, bakso paru ini dijual secara berkeliling namun sejak tahun 1984 barulah memiliki tempat yang permanen di jalan Jenderal Sudirman 57, atau tepatnya di seberang jalan (utara) restoran capat saji McDonald. Jika kalian pergi berlibur ke Jogja, sempatkanklah nikmati Bakso Paru Pak Kintel.