Ternyata Mandi Air Dingin Waktu Pagi Sangat Menyehatkan

15-01-2017 01:01:55 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Di kala cuaca hujan maka suhu udara akan menjadi dingin, yang membuat sebagian orang akan memilih mandi dengan air hangat. Tapi ternyata hal ini memiliki efek tidak baik bagi kesehatan kulit kepala dan syaraf di kepala. Sebaliknya bila kita mandi dengan air dingin maka akan berdampak lebih sehat, kecuali bila malam hari disaat otot tubuh memerlukan pelemasan, meredakan stress, dan mengatasi insomnia. Lalu, apa yang terjadi bila mandi air panas di pagi hari?

Dari info kesehatan yang tim JakartaVenue dapat dan kutipan dari klikdokter.com bahwa ada beberapa kerugian apabila kita membiasakan mandi air panas di pagi hari, yakni akan membuat pori-pori kita bertambah besar dan bagi pria yang sering mandi air hangat dipagi hari dapat mengakibatkan menurunnya kualitas sperma. Disamping itu air hangt dapatmengubah tekanan darah dalam tubuh utamanya bagian kepala, yang dapat memicu sakit kepala yang amat sangat seperti tertusuk benda tajam yang mulai kita rasa setelah 1 menit disiram.

Sedangkan mandi air dingin akan memberikan kesegaran dan semangat bila kita akan memulai aktivitas. Berikut beberapa keuntungan mandi air dingin di pagi hari, yaitu:

Membuat sirkulasi darah jadi lebih baik

Mandi air dingin membuat aliran darah menuju keseluruh organ-organ tubuh, sehingga menghindari dari berbagai  penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri, dan varises.

Membuat kulit lebih bercahaya dan awet muda

Mengecilkan pori-pori dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan mengakibatkan timbulnya jerawat. Selain itu air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan timbulnya flek hitam dibawah mata, sehingga kulit terlihat bercahaya, segar, dan awet muda.

Membuat rambut sehat alami

Air dingin dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Hal ini bisa membuat rambut lebih kuat, bebas rontok, dan memperlambat tumbuhnya uban.

Memberi semangat untuk beraktifitas

Di Jepang pada jaman samurai, para prajurit selalu menyiram kepala mereka dengan air dingin setiap pagi sambil melakukan misogi, yaitu ritual pemurnian pada tingkat spiritual dan dipercaya dapat membangkitkan semangat.

Nah JV Readers, itulah 4 manfaat mandi air dingin di pagi hari bagi kesehatan kulit dan kepala. Mulai sekarang mari kita biasakan mandi air dingin di pagi hari agar bersemangat menjalani segala aktivitas sepanjang hari. Barulah pada malam harinya kita mandi air panas agar bisa mengurangi stress dan insomnia.