Selfie Pertama Di Dunia Yang Sekarang Jadi Fenomenal

14-01-2017 07:01:22 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Bagi kebanyakan orang sekarang ini setiap moment indah tidak boleh terlewatkan untuk berselfie. Selfie, apa sih selfie itu? Selfie bukanlah nama seseorang, tapi selfie adalah kegiatan mengabadikan foto atau moment tertentu dengan wajah kita sebagai fokus utama didalam sebuah foto. Contoh kita ingin mengabadikan/berfoto diri dengan sebuah pemandangan sebagai latar belakang tanpa orang lain yang melakukannya, itulah yang dimaksud dengan selfie.

Lantas siapa sih orang yang pertama kali melakukan selfie ini? Nah kalau yang ini pasti JV Readers banyak yang tidak tahu, siapa orang pertama yang melakukan selfie sehingga menjadi sebuah trend gaya hidup saat ini. Menurut berbagai sumber yang tim JakartaVenue dapat plus berita yang dilansir oleh Huffington Post bahwa sebenarnya selfie pertama di dunia dilakukan pada tahun 1839 oleh Robert Cornelius, jauh sebelum adanya kamera atau smartphone yang dilengkapi kamera selfie seperti saat ini.

Pada tahun 1839 di Philadelfia- Amerika Serikat, Robert Cornelius sedang menjaga toko milik ayahnya. Karena sepi dari pembeli, Robert yang hobi fotografi segera mengambil kamera miliknya dan mengabadikan berbagai objek yang ada di tokonya. Saat itulah timbul keinginannya untuk mengabadikan dirinya dalam sebuah foto, namun karena dia sedang sendiri maka dia menyetel waktu pada kameranya dengan sebuah remote agar bisa mengambil gambar dirinya. JV Readers, tidak seperti sekarang kamera atau smartphone android dengan tinggal sekali pencet kita dapat berselfie dengan baik. Kala itu Robert harus menunggu hingga 15 menit sampai kameranya bisa memotretnya, itupun hanya untuk sebuah foto. Namun setelah melihat hasilnya cukup bagus, Robert Cornelius membuat catatan dibelakang fotonya yang bertuliskan,” The first light picture ever taken;1839”.

Ternyata hasil karya Robert Cornelius itu hingga kini masih tersimpan disebuah perpustakaan terbesar dunia Library of Congress di Washington DC, Amerika Serikat. Walaupun dianggap sebagai sebuah foto amatiran, namun karya Robert ini dipercaya sebagai cikal-bakal fenomenalnya sefie yang saat ini marak. Jadi JV Readers, kalian bisa berselfie saat ini karena adanya inspirasi dari Robert Cornelius yang menginspirasi terciptanya kamera atau smartphone berkamera selfie.(dikutip dari kompas.com/bbs)