Kolaborasi Nvidia dan Audi Melahirkan Mobil Cerdas

13-01-2017 09:01:44 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Nvidia adalah sebuah perusahaan penghasil prosessor grafis, kartu grafis dan media serta alat-alat komunikasi kebutuhan komputer. Sedangkan Audi seperti diketahui adalah perusahaan produsen mobil. Apa jadinya bila kedua perusahaan besar tersebut berkolaborasi membuat sebuah karya?

Belum lama ini Nvidia dan Audi menjalin kerjasama dalam mengembangkan sebuah mobil cerdas otonomos generasi baru. Keduanya sedang fokus mengupayakan mengomersilkan teknologi terbaru NVIDIA untuk aplikasi canggih otomotif.

CEO Nvidia Jen-Hsun Huang, yang dalam kesempatan CES 2017 menjadi keynote speech mengatakan bahwa Nvidia memiliki chip super komputer versi baru bernama Xavier. Chip ini memiliki delapan inti dan 512 prosesor grafis yang dapat menangani tugas-tugas canggih seperti mengenali pejalan kaki di dekat jalan.

Presiden Audi Amerika Utara, Scott Keogh menuturkan bahwa kemitraan dengan Nvidia sebetulnya sudah pernah berjalan 10 tahun ke belakang. Berkat pemanfaatan teknologi Nvidia untuk mobil Audi, dalam rentang waktu tersebut telah meningkatkan penjualan Audi dari 60.000 menjadi 210.000 mobil per tahun.

Dalam ajang CES, selain Audi ada juga Faraday Future yang memamerkan mobil listrik otonomos FF91 yang diklaim mampu berakselerasi dari 0 sampai 97 kilometer per jam dalam 2,39 detik saja. Akselerasi ini lebih cepat dari Tesla Model S atau mobil listrik lainnya yang sudah masuk tahap produksi.