Pentingnya Vaksin Bagi Orang Dewasa

13-01-2017 11:01:01 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Vaksinasi disebut juga imunisasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit.Kata vaksinasi berasal dari bahasa Latin vacca yang berarti sapi - diistilahkan demikian karena vaksin pertama berasal dari virus yang menginfeksi sapi (cacar sapi).

Imunisasi sangatlah penting, sehingga The  American Centers for Disease Control and Prevention menamainya sebagai salah satu dari the "Ten Great Public Health Achievements in the 20th Century. Tujuan imunisasi adalah memberikan memori terhadap suatu patogen atau toksin sehingga bisa meningkatkan derajat imunitas dan memberikan proteksi imun. Diharapkan dengan imunisasi terbentuklah kekebalan terhadap penyakit tertentu, sehingga pada masa depan penyakit tersebut tidak ada lagi secara global.

Meski identik dengan imunisasi balita, kenyataannya, vaksinasi juga sangat penting bagi segala kalangan umur. dr Kristoforus Hendra Djaya,  SpPD - Internist & Vaccinologist di In Harmony Clinic menyampaikan, “olahraga dan pola makan saja tidak cukup menjaga tubuh dari penyakit, ada banyak cara pencegahan, dan salah satu yang paling penting adalah vaksinasi.”   Orang dewasa membutuhkan suntik vaksin tambahan tiap beberapa periode. Dengan menerima vaksin, Anda tidak saja melindungi diri sendiri dari serangan penyakit tapi juga ikut mencegah penyebarannya.

“Penyakit tidak memandang usia, tak hanya anak-anak, orang dewasa juga perlu di vaksin, dan vaksinasi dewasa menurut riset efektif 80-99% mampu menghalau penyakit-penyakit akut,” Dr. Kristo juga menambahkan, “jika diukur dari persentasi, saya rasa hanya sekitar 20% dokter di Indonesia yang mengetahui informasi lengkap mengenai pentingnya vaksin bagi orang dewasa.”

Menurutnya, di Indonesia sendiri kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi masih sedikit, dirinya berharap pemerintah dengan meningkatkan awareness mengenai pentingnya hal tersebut. Dari sejumlah penelitian diperoleh fakta, seseorang yang divaksinasi mampu menghalau sejumlah penyakit akut seperti, kanker serviks, Hepatitis A,B, Tifus, Pneumonia, dll.

 

Informasi Lengkap :

In Harmony Clinic

Jl. Percetakan Negara IVB no 48, Jakarta

021 4248790 / 021 4220214 BBM PIN:7CB4157B

www.inharmonyclinic.com