Inilah Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan

11-01-2017 11:01:16 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Minyak zaitun adalah minyak yang didapat dari tanaman zaitun yang banyak tumbuh di wilayah mediterania. Minyak zaitun sudah sejak 400 tahun sebelum masehi digunakan sebagai pengobatan tradisional dan juga kecantikan. Minyak yang biasa disebut olive oil ini memiliki banyak manfaat, seperti untuk bahan kosmetik, perawatan rambut, sampai bermanfaat sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

Selain minyaknya yang dapat dikonsumsi, ternyata buah zaitun juga bisa langsung dikonsumsi tanpa harus diolah terlebih dahulu. Dalam menggunakan minyak zaitun bisa dicampur kedalam makanan, dioles pada bibir sebagai lip gloss atau ke permukaan kulit sebagai pelembut kulit yang kering.

Minyak zaitun memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Meskipun memiliki kadar lemak yang tinggi namun tetap tergolong minyak yang sehat karena hanya terdapat 14 persen lemak jenuh didalamnya. Sisanya adalah lemak tidak jenuh yang menyehatkan bagi kesehatan manusia.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun yang maksimal Anda harus menggunakannya dengan baik dan benar, kenapa? Karena kadar kalori dalam zaitun adalah per 100 gram-nya adalah 8,85 kilokalori, maka dari itu Anda tetap harus mengontrol asupan lemak ke dalam tubuh.

Berikut adalah manfaat minyak zaitun bagi kesehatan juga kecantikan:

Mencegah Kanker

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri berfungsi mengurangi bahkan mencegah penyakit kanker. Perlu diketahui antioksidan juga mengandung senyawa hidroksitirosol, yaitu zat yang berfungsi menormalkan kadar gula yang di tubuh.

Menjaga Kesehatan Usus

Minyak zaitun ternyata mengandung senyawa Oleuropein Aglycone. Senyawa ini berfungsi untuk menjaga suplaian darah ke usus, sehingga memiliki peran penting menjaga kesehatan usus. Oleuropein Aglycone ini juga membantu mengurangi kerusakan usus akibat anemia atau kurang darah.

Melawan Radikal Bebas

Dengan adanya kandungan aktioksidan-polifenol sehingga dapat mengupayakan tubuh dalam proses detoksifitkasi molekul yang terjadi tidak seimbang, maka dari itu dapat dengan ampuh menangkal serangan radikal bebas.

Membersihkan Noda Jerawat

Minyak Zaitun dapat membersihkan noda jerawat yang membandel secara alami, dengan cara panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini.

Memelihara Kelembaban Alami Kulit

Masalah kulit kering sering dijumpai pada masyarakat Indonesia yang beriklim tropis, sehingga dibutuhkan kelembapan ekstra seperti manfaat lidah buaya. Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami dengan cara mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur pada kulit wajah.