Penyebab dan Solusi Hidung Tersumbat

11-01-2017 11:01:43 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Berbagai agenda dan rutinitas dapat terganggu akibat hidung tersumbat atau mampet yang menyebabkan sulit bernafas. Apalagi, jika mengalaminya saat malam hari, tidur menjadi tidak nyenyak akibat harus mengubah posisi tidur ke arah kanan dan kiri demi bisa bernapas. Hidung tersumbat adalah gejala yang terjadi ketika hidung serta jaringan yang letaknya berdekatan dengan pembuluh darah menjadi bengkak oleh cairan yang berlebih. Hal tersebut menyebabkan tersumbatnya aliran udara dari luar maupun dalam.

Beberapa kondisi yang mungkin bisa membuat hidung Anda tersumbat, antara lain pilek, flu, alergi, dan sinusitis.Hal yang sering terjadi ketika hidung tersumbat biasanya bersin-bersin. Selain itu, ada juga yang disertai dengan sakit tenggorokan.Pada dasarnya hidung tersumbat hanyalah masalah umum dan gangguan yang sering didapat baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Ada beberapa cara yang kalian bisa lakukan untuk dapat mengatasi masalah hidung tersumbat yang dikutip dari berbagai sumber antara lain;

Minum Banyak Cairan.

Cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan mungkin bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengonsumsi banyak cairan juga bisa menjaga tenggorokan tetap lembap.

Mengkonsumsi Sesuatu Yang Pedas

Makanan pedas diteliti mampu menipiskan lendir serta membersihkan hidung yang tersumbat. Jika Anda suka dengan makanan pedas, hal ini akan sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumi makanan sejenisnya saja, seperti paprika, wasabi, jahe, fanugreek ataupun bawang merah dan bawang putih.

Menghirup Uap Hangat

Masukkan air ke panci, lalu masak hingga mendidih. Angkat dan kemudian hirup secara perlahan-lahan uap hangat yang dihasilkan dari air mendidih itu. Tapi hati-hati saat mempraktikkan hal ini karena uap tersebut bisa membuat hidung Anda melepuh. Selain cara tersebut, Anda juga bisa menikmati uap hangat saat mandi air hangat. Tidak hanya melegakan hidung tersumbat, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh Anda rileks.

Konsumsi Minuman Panas

Minuman panas bisa meredakan hidung tersumbat, menenangkan selaput yang meradang serta mencegah dehidrasi. Minuman panas yang bisa Anda coba adalah teh herba yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu.

Mandi Dengan Air Hangat

Cara ampuh mengatasi hidung tersumbat karena flu selanjutnya yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Nantinya uap hangat yang dihasilkan oleh air mandi tersebut akan melewati paru-paru serta rongga hidung. Secara tidak langsung uap tersebut akan membuat setiap rongga menjadi lancar dan lendir akan hilang.

Tidur Dengan Bantal Ekstra

Cara ini mungkin bisa membantu menjadikan tidur Anda lebih nyenyak. Tidur dengan dua bantal di bawah kepala bisa membantu meringankan hidung tersumbat.

Air Garam

Air garam dapat menjadi obat praktis untuk membantu mengatasi hidung tersumbat dan masalah sakit tenggorookan. Air garam terbukti cukup manjur untuk mengencerkan lendir ataupun dahak yang dapat menyumbat pernapasan. Caranya dengan berkumur larutan garam 3 kali dalam sehari. Gunakan campuran setengah sendok teh air hangat dengan air hangat secangkir penuh, lalu gunakan untuk berkumur beberapa detik kemudian keluarkan. Anda bisa melakukan hal ini 3 kali dalam sehari untuk hasil yang optimal.

Selain hal-hal diatas, kalian juga dapat mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, seperti decongestant, antihistamine, acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen sodium. Atau bisa juga mengonsumsi obat herba yang mengandung zinc, echinacea, dan vitamin C.