Say No To "HOAX"

06-01-2017 05:01:52 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Istilah HOAX semakin menjamur dan saat ini di Indonesia khususnya, HOAX sudah ada dalam keadaan yang sangat mengkhawatirkan, hampir setiap hari ditemukan di media social, hal ini tentu sedikit banyak dapat mempengaruhi pola pikir dan wawasan seseorang, bahkan tak jarang menimbulkan konflik.


Menurut Wikipedia, pengertian HOAX adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya.


Selain itu, ada juga HOAX yang dibuat untuk meraup keuntungan dengan mengundang "clickbait". Informasi seperti ini dibuat dengan memelintir berita atau informasi sehingga seolah betul-betul terjadi.


Dari gambaran diatas, sudah tentu kalian berpikir, “bagaimana saya bisa tahu itu HOAX atau real ? Setiap pertanyaan sudah tentu ada jawabannya, so berikut cara mengenali HOAX or Real.


Berita HOAX memiliki ciri-ciri antara lain ;

1.    1. Berita pertama kali didistribusikan melalui email, mailing list, forum, blog, facebook, yang kemudian disebarluaskan via twitter.

2.    2. Isinya bertentangan dengan logika umum dan ilmu pengetahuan atau terdapat kontradiksi dengan fakta yang sudah umum diketahui.

3.    3. Menggunakan istilah yang terkesan ilmiah, yang memanfaatkan ketidaktahuan/keawaman pembaca.

4.    4. Bangunan kalimat yang mendorong pembaca untuk menyebarluaskan pesan tersebut.

5.   5.  Sumber berita tidak jelas identitasnya.

6.   6. Tidak ada link sumber untuk informasi yang dianggap penting. Penulis yang baik pasti mencantumkan sumber ilmiah dalam tulisannya.


Sedangkan untuk mengenali gambar HOAX atau bukan, berikut ulasannya ;

·Ada teknologi sederhana bernama google image search, ini alamatnya: https://www.google.co.id/imghp?hl=en&tab=wi&ei=XQFbVbaMGcGrmAXlsIHwCQ&ved=0CA8Qqi4oAg.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah ini 

1. Save as foto tersebut di komputer dan upload di mesin pencari, atau juga cukup masukan alamat urlnya.

2. Klik search.

3. Akan nampak hasil foto-foto yang sama beserta alamat websitenya, dan kalian dengan mudah dapat mengetahui peristiwa yang berkaitan dengan gambar tersebut.