Serba Serbi Seputar Minum Kopi

05-01-2017 02:01:25 By Addo Richard
img

JakartaVenue -  Seiring perkembangan zaman, meminum kopi sudah menjadi gaya hidup, hal tersebut bukanlah hanya sekedar tren, dari berbagai penelitian bahkan menunjukan fakta yang menarik terkait hal tersebut. Beberapa penilitian menunjukan dampak negatif dari kebiasaan meminum kopi yang antara lain ;

 

1.       Kopi dapat menyebabkan constipation atau susah buang air besar.

2.       Kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

3.       Peningkatan Asam Lambung
Walaupun kopi memiliki banyak manfaat, kopi dikenal dapat meningkatkan kegelisahan. Dosis konsumsi yang terlalu banyak tidak bisa diterima semua orang. Selain itu, tingkat keasaman kopi yang tinggi dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih.

4.       Membahayakan Gangguan Mata

Gangguan mata dipengaruhi oleh kafein, zat yang dikandung dalam kopi. Gangguan tersebut      disebut exfoliation glaucoma. "Minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari, ditemukan terkait dengan peningkatan gangguan pada glaucoma, khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga glaucoma," kata Jae Hee Kang, asisten profesor kedokteran di Channing Division of Network Medicine at Brigham and Women's Hospital in Boston

 

Namun, selain fakta dampak negatif menikmati kopi, ternyata meminum kopi juga memiliki manfaat positif yang antara lain ;

 

1. Berdasarkan sebuah riset yang dilakukan oleh tim dokter dari Universitas Groningen, ternyata minum kopi dapat menyehatkan usus. Hasil temuan ini menyatakan bahwa minum teh dan kopi dapat membantu menjaga keseimbangan usus.

2. Penelitian yang dilakukan Seoul National University Hospital mengungkap bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari dapat mengurangi risiko osteoporosis secara signifikan, utamanya pada perempuan. Namun peneliti mengingatkan bila dikonsumsi secara berlebihan, kopi malah dapat menghilangkan zat-zat penting dalam tubuh seperti kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Sebuah penelitian lain dilakukan oleh tim peneliti dari Rumah Sakit Universitas Tongji, Shanghai. Menurut penelitian tersebut, minum 2 cangkir kopi per hari dapat menurunkan resiko kanker prostat hingga 2,5%.

4. Ada pula riset yang dilakukan oleh tim peneliti dari Clalit National Israeli Cancer Control Center yang bertempat di Israel. Mereka menyatakan bahwa minum kopi 1-2 cangkir dapat menurunkan resiko kanker usus besar hingga 26%. Pendapat ini kemudian sedikit ditambahkan oleh tim peneliti dari American Canter Society yang diwakili oleh Susan Gapstur.