Cara Jitu Sembunyikan Data di Android

04-01-2017 09:01:35 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Begitu banyak kejahatan dalam dunia maya seringkali membuat kita harus tetap waspada. Terutama dengan data-data yang bersifat pribadi dan rahasia seperti foto dan video/gambar. Selain untuk menghindari kejahatan, peretasan, dan sebagainya juga supaya tidak dilihat orang lain atau diambil dan dihapus. Dengan teknologi smartphone android yang ada saat ini, banyak fitur aplikasi yang dapat memudahkan kita menyimpan serta data-data pribadi tersebut. Bahkan dengan sedikit pengaturan dan tambahan, kita sebenarnya tidak memerlukan aplikasi apapun untuk menyimpan dan menyembunyikan berkas-berkas pribadi yang ada di android (secara manual).

Menyembunyikan video, foto, dan gambar yang ada di galeri

Galeri adalah tempat dimana kita biasa menyimpan berkas foto, video, maupun gambar pribadi yang kita abadikan menjadi berkas yang bersifat rahasia. Selain itu juga sebagai sebuah fitur hiburan yang bisa kita terima dari orang lain. Lantas bagaimana kita membuat agar berkas tersebut tidak mudah diketahui atau dilihat orang, yang bisa saja mengakibatkan kerugian bagi kita seperti diketahui orang, peretasan, ataupun penghapusan data. Inilah cara yang harus kita lakukan di smartphone android kita, yakni:

  • Buka smartphone android anda, lalu cari fitur file manager cari folder tempat kita menyimpan berkas.
  • Setelah membuka folder tersebut, buat file baru di folder tersebut dengan nama nomedia.
  • Sekarang coba anda buka galeri, maka file yang anda cari sudah tidak tampak lagi.
Menyembunyikan Folder di android tanpa aplikasi

Selain cara diatas adapula cara lain yang bisa kita gunakan yakni menyembunyikan sebuah folder. Dengan catatan apapun file yang ada didalamnya penting atau tidak akan ikut tersembunyi. Begini caranya:

  • Buka file manager lalu cari folder yang akan disembunyikan.
  • Ganti nama folder dengan menambahkan karakter titik/dot didepannya, contoh ; music menjadi .music
Dengan demikian folder langsung tersembunyi, untuk membukanya kita ke file manager lalu tap setting kemudian cari pengaturan yang biasanya bernama show hidden files.

Itulah dua cara mengamankan data atau berkas pribadi kita agar tidak diketahui oleh orang lain dan menghindarkan dari kejadian yang dapat mengakibatkan kerugian.