Manusia Tertua asal Indonesia Rayakan Ultah ke-146

04-01-2017 10:01:25 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Memiliki umur panjang tentu menjadi karunia tersendiri, seperti halnya yang dialami oleh seorang kakek asal Sragen ini. Mbah Gotho yang pada 31 Desember 2016 lalu baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang hampir 1,5 Abad yakni 46 tahun. Wooww.....!!! tentu bukan hal yang lumrah, dengan usia mencapai 146 tahun, Mbah Gotho dinyatakan sebagai manusia tertua yang masih hidup hingga kini, tak hanya di Indonesia namun seluruh dunia.


Meskipun pemerintah Indonesia telah mengakui keaslian dokumen kependudukannya, tetapi masih diperlukan verifikasi pihak ketiga yang independen agar mbah Gotho bisa memegang rekor Guinnes World Record.Rekor saat ini masih dipegang Jeanne Calment yang meninggal pada 1997 di usia 122 tahun. 

Suasana hangat di kediaman Mbah Gotho di Sragen pada 31 Desember 2016 kemarin. Seluruh anggota keluarga Mba Gotho mulai dari anak, cucu, hingga cicit berkumpul merayakan ultah Mbah Gotho yang hari itu genap berusia 146 tahun. Dalam sebuah acara perayaan sederhana, pemilik nama asli Saparman Sodimejo itu meniup lilin didampingi cucu dan cicitnya.

Kepada beberapa media tanah air, sebelumnya Mbah Gotho pernah mengatakan bahwa dirinya ingin mati saja, "saya ingin mati saja, semua cucu saya sudah mandiri, saya sudah siap mati sejak 1992," ucap Mbah Gotho. Waktu itu ia sudah membuat batu nisan atas nama dirinya, tetapi maut belum juga datang sampai kini. Namun kemarin, wajah bahagia terlukis di wajahnya yang penuh keriput seolah menceritakan bahwa hal tersebut menjadi kebahagiaan tersendiri bagi dirinya.