Jangan Buang Nasi Kemarin, Kenapa?

03-01-2017 07:01:52 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Jangan buang nasi sisa kemarin, loh kenapa.? mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa nasi kemarin memiliki manfaat yang tak hanya baik bagi kesehatan namun juga kecantikan. Bahkan, tak sedikit orang yang sengaja mendiamkan nasi semalaman dan dinikmati esok harinya.Ternyata tindakan mengolah lagi nasi sisa adalah hal yang benar, karena tersimpan berbagai manfaat baik terhadap kesehatan.


Salah satu cara menanak nasi yang dianjurkan adalah menambahkan sedikit minyak kelapa setelah air mendidih sebelum beras dimasukkan dalam panci. Setelah matang dan dingin, masukkan nasi ke dalam kulkas selama 12 jam. 

Ada fakta yang menyimpulkan,reaksi zat-zat kimia yang terjadi saat makanan itu disimpan semalaman ternyata memiliki banyak manfaat positif. Misalnya saja nasi sisa kemarin yang kandungan kalorinya mencapai 60% lebih sedikit dibandingkan dengan nasi yang baru matang. Namun, bila kita ingin mengonsumsi nasi kemarin, tetap perlu memasaknya dengan benar. Seorang ahli mikrobiologi bernama Martin Goldberg menyarankan untuk memanaskan kembali sebelum mengonsumsi nasi yang sudah didiamkan semalaman, lantaran supaya terhindari dari Bakteri Bacillus Cereus.

Jika nasi yang baru matang langsung dimakan, pati akan diubah menjadi gula atau glukosa oleh tubuh. Glukosa ini jika tidak langsung dibakar akan disimpan sebagai lemak. Sementara itu, jika nasi didiamkan semalaman, pati akan diubah menjadi pati resistan yang tidak bisa dicerna tubuh. Ini berarti kalori tidak akan bertambah.

Berikut manfaat dan fakta menarik dengan mengkonsumsi nasi kemarin;

  • Sebuah studi mengatakan bahwa, nasi sisa memiliki kandungan tinggi pada mikro-nutrisi dan mineral seperti zat besi, kalium dan kalsium. 
    reaksi zat-zat kimia yang terjadi saat makanan itu disimpan semalaman ternyata memiliki banyak manfaat. Seperti mengencangkan kulit hingga melangsingkan pinggang.
  • Nasi sisa kaya akan serat dan membantu meringankan sembelit
  • Mengonsumsi nasi sisa kemarin di pagi hari juga bisa menetralkan panas berbahaya dan berlebihan yang terperangkap dalam tubuh.
  • Fermentasi beras ini adalah pendingin alami, mengurangi suhu tubuh dan membuat Anda tetap dingin.
  • Untuk penderita maag, cobalah dengan mengonsumsi nasi sisa tiga kali seminggu dipagi hari untuk mendapatkan kesembuhan yang cepat
  • Dll
Walau begitu, memanaskan kembali nasi ternyata tidak terlalu direkomendasikan. "Bakteri Bacillus cereus yang ditemukan dalam nasi bisa bertahan selama proses pemasakan. Ketika nasi sudah dingin, spora akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa membuat sakit," kata Martin Goldberg, ahli mikrobiologi.