Aplikasi Wajib Untuk Keamanan Internet

03-01-2017 03:01:42 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue - Berkembangnya pengguna internet di Indonesia menandakan bahwa internet sudah menjadi kebutuhan pokok dibidang komunikasi dan informatika. Internet sebagai salah satu sarana untuk menjangkau sampai kepelosok daerah-daerah terpencil sekalipun, memang menjadi moda sarana berbagi informasi yang sangat cepat. Apalagi hampir semua gadget maupun smartphone yang beredar saat ini diperlengkapi dengan fitur-fitur pendukung internet, hal ini tentu semakin memudahkan bukan saja daerah atau tempat tetapi orang-perorang pun dapat dengan cepat berkomunikasi serta bertukar informasi. Sungguh suatu kemajuan iptek yang sangat berguna bagi kehidupan umat manusia.


Melalui koneksi via internet ini banyak hal positif yang bisa kita dapat selain informasi dan komunikasi seperti berjejaring dengan akun pribadi maupun kantor dengan menggunakan berbagai fitur media sosial yang tersedia (facebook, twitter, instagram dan lain-lain), musik/video streaming, belajar jarak jauh dengan konsep e-learning, dan banyak hal positif lainnya. Namun patut diingat bahwa semua kebaikan ini tergantung kepada para pengguna/pemakainya, karena bukan tidak mungkin hal-hal yang baik berubah menjadi tidak baik apabila pemakainya tidak menggunakan dengan tujuan yang benar.

Oleh karena itu sebaiknya setiap orang harus selalu waspada terhadap perbuatan yang tidak baik dari orang lain melalui teknologi internet ini. Nah JV Readers yang baik, tim JakartaVenue ingin berbagi tips mengenai cara menghadapi tindak kejahatan atau kriminal yang bisa dilakukan setiap orang melalui internet (biasa disebut dengan cybercrime). Berbagai macam perbuatan menyalahi aturan ini sengaja dibuat untuk keuntungan pribadi seperti peretasan, penipuan, pelacakan, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dibuat menjadi sebuah aplikasi yang bisa berguna menghadapi semua masalah diatas, yang wajib kita siapkan di internet dan akun pribadi kita yaitu: aplikasi VPN yang tersedia bagi ekosistem android dan iOS, yang berguna meningkatkan privasi pengguna dalam ber-internet, aplikasi pemblokir iklan yang biasa bulit in dalam sebuah browser bisa itu oper, UC dan Dolpin, serta aplikasi anti virus dan anti malware. Untuk aplikasi yang ketiga ini jangan lupa selalu kita perbaharui agar bisa digunakan secara optimal.(dikutip dari liputan6.com)