Prediksi Perkembangan Teknologi di Tahun 2017

03-01-2017 10:01:37 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi (iptek) dalam beberapa tahun belakangan ini memang mengalami kemajuan yang sangat pesat hampir diseluruh negara. Terlebih dibidang teknologi, bukan hanya negara maju saja yang bersaing ketat namun banyak negara berkembangpun tidak mau kalah ikut berkompetisi. Sebagai contoh dimana beberapa negara berkembang baik di eropa maupun asia saat ini demikian gencar melakukan berbagai terobosan teknologi yang diyakini dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dalam persaingan global. Sebagai contoh pada tahun 2016 yang lalu dapat kita lihat sejumlah peningkatan/pencapaian yang signifikan dalam teknologi seperti perangkat keras, perangkat lunak, ekosistem, sampai telekomunikasi.

Nah ditahun 2017 ini banyak para ahli memprediksikan bahwa kemajuan teknologi ini akan semakin lebih berkembang dari tahun lalu. Karena pencapaian kemarin dapat disebut sebagai awal, dan tahun ini pencapaian dan sejumlah terobosan akan semakin ketat. Berikut beberapa teknologi yang diyakini akan menjadi trend di tahun 2017 ini:

Teknologi Rumah Pintar

Apa itu teknologi rumah pintar? Sebuah teknologi Internet of Things (IoT) yang mengusung kemajuan dalam bidang property/perumahan dengan sistem akses layanan internet. Tahun lalu sudah ada beberapa pameran yang mengangkat tema ini, namun baru taraf pengenalan. Oleh karena itu diperkirakan tahun ini akan menjadi lebih berkembang dan menjadi trend baru.

Teknologi AR dan VR

Tahun 2016 kemarin diyakini sebagai awal  kemunculan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), yang diperkenalkan  kepada kosumen langsung dari beberapa perusahaan yang telah merilis aplikasi, perangkat, maupun game online. Dipercaya pengamat teknologi tahun ini menjadi tahun pengembangan lebih dalam untuk kedua teknologi diatas, terlebih bagi perusahaan yang memang mantap dibidang ini.

Digital Twin

Teknologi digital twin ini mengacu pada software yang dinamis, baik dari sisi fisik maupun sistemnya. Biasanya digital twin ini digunakan dalam perencanaan jasa dan memperbaiki peralatan untuk operasional pabrik serta peningkatan efisiensi. Hal ini diharapkan dapat menggantikan sumberdaya manusia yang terbatas dan sistem traditional monitoring.

Digital Technology Platform

Dalam setiap organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam bisnis digital biasanya punya 5 fokus sasaran utama yaitu sistem informasi, data pelanggan, analisa dan kemampuan, IoT, dan kelompok bisnis. Digital technology platform ini diibaratkan sebuah pondasi bangunan dalam bisnis digital yang berguna sebagai pemantau perkembangan guna memenuhi tantangan dan hambatan dalam platform mereka.

JV Readers sekalian, sebenarnya masih banyak teknologi yang akan menjadi tren di tahun 2017 ini. Oleh karena itu Tim JakartaVenue hanya memberi sedikit masukan supaya JV Readers punya gambaran tentang perkembangan iptek di tahun 2017 ini. Semoga bermanfaat baik dalam kehidupan kita semua maupun dan usaha dan bisnis yang akan atau sedang JV Readers sekalian jalani.(bbs)