Fakta Unik Seputar 'Si Kidal'

30-12-2016 04:12:19 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Orang yang kidal lebih banyak menggunakan tangan kirinya daripada tangan kanannya. Ia biasanya menggunakan tangan kirinya untuk berbagai pekerjaan seperti misalnya untuk menyisir rambut dan memasak. Menulis tidak dapat digunakan untuk menentukan apakah seseorang kidal atau bukan, karena sebagian orang yang kidal menggunakan tangan kanannya untuk menulis, sementara untuk segala hal yang lainnya menggunakan tangan kirinya. Namun, tidak sedikit juga orang kidal menulis dengan tangan kiri.

Kira-kira 8–15% dari penduduk dewasa adalah kidal.Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tangan kidal lebih umum ditemukan di kalangan laki-laki daripada perempuan, dan lebih banyak di kalangan kaum heteroseksual dibandingkan dengan kaum homoseksual. Dibandingkan dengan masyarakat umum, tangan kidal lebih sering muncul di kalangan kembar identik, dan sejumlah kelompok orang yang mengalami gangguan neurologis (misalnya, Epilepsi, Down's Syndrome, Autisme, dan Retardasi Mental.) Dari segi statistik, seseorang yang memiliki saudara kembar yang kidal mempunyai 76% kemungkinan untuk juga kidal.

Otak dan tubuh orang kidal beroperasi secara berbeda daripada orang tangan kanan (dan pada orang ambidextrous, yang kedua tangannya merupakan tangan dominan untuk tugas yang berbeda). “Kidal atau tidak, tampaknya ditentukan dalam tahap sangat awal dalam perkembangan janin, ketika banyak hal-hal lain tentang masa depan Anda sedang ditentukan juga,” kata Ronald Yeo, PhD., profesor psikologi di University of Texas, Amerika Serikat.

Berikut fakta-fakta menarik yang kalian harus tahu dari 'Si Kidal'

  • Hari Orang Kidal Sedunia dirayakan setiap 13 Agustus sejak tahun 1996.
  • Banyak penelitian menunjukkan bahwa bayi prematur lebih mungkin lahir kidal.
  • Mengikuti dominasi tangan, orang kidal cenderung biasa mengunyah makanan di sebelah kiri, sedangkan orang-orang bertangan kanan akan mengunyah di sebelah kanan.
  • Faktor genetik hanya menempati sebanyak 25% kasus dari total peluang orang lahir kidal.
  • Menurut legenda, Lucifer dan penyihir memiliki tangan dominan kiri. Mungkin ini sebabnya banyak ritual keagamaan yang mengharuskan menggunakan tangan kanan, termasuk pelabelan tangan kanan sebagai “tangan baik”.
  • Orang-orang yang memiliki IQ lebih dari 140 lebih banyak yang bertangan kiri, menurut sebuah studi dari St. Lawrence University. Buktinya, Da Vinci, Michelangelo, Einstein, dan Newton adalah orang-orang kidal.
  • Di masa lalu, kidal sering dikaitkan dengan penyimpangan perilaku, gejala neurosis, pemberontakan, dan aktivitas kriminal. Bahkan, kata “left” (kiri/tangan kiri) dalam bahasa inggris berakar dari “lyft” dalam bahasa Anglo-Saxon, yang artinya rusak atau lemah.
  • Orang kidal lebih cepat marah. Kebanyakan orang kidal menunjukkan proses emosional yang tidak seimbang antara otak kanan dan kiri mereka, salah satu akibatnya adalah sering bad mood.
  • Orang kidal lebih rentan terhadap stress pascatrauma (PTSD) daripada mereka yang bertangan kanan