Jaga Pola Makan, Berikut Tips Hindari Penuaan Dini

27-12-2016 11:12:31 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Penuaan dini merupakan sebuah momok terutama bagi para wanita, tapi tidak sedikit juga kaum pria yang mengkhawatirkan hal ini. Pada dasarnya, penuaan dini ini kerap terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit yang kering. Pada jenis kulit kering, kadar sebum yang merupakan kandungan minyak untuk melindungi kulit dari polusi dan melembabkan kulit kadarnya sangat kurang.

Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit terlihat kering, pecah-pecah, bersisik, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam (terutama di bagian wajah). Dari sekian banyaknya penyebab penuaan dini, yang paling dekat dan mudah diketahui adalah makanan juga minuman.

Makanan dan minuman yang kita makan tiap hari juga berkontribusi besar dalam memicu penuaan dini, misal makanan cepat saji. Makanan cepat saji yang digoreng dengan minyak sayur yang banyak mengandung lemak trans. Lemak trans tersebut dapat menyumbat pembuluh darah dan membuatnya menjadi kaku. Hal tersebutlah yang membuat kulit kita terlihat lebih tua.

Selain makanan cepat saji yang dapat memicu penuaan dini, berikut juga makanan atau minuman yang harus Anda waspadai:

Karbohidrat tinggi glikemik

Jenis karbohidrat ini dapat menaikkan gula darah dengan cepat juga berkontribusi memicu penuaan yang cepat pula. Kenapa begitu? ini karena proses tubuh dalam memecah gula yang sebenarnya merusak kolagen, protein yang menjaga kulit tetap lembut dan kencang. Karbohidrat tinggi glikemik biasanya terdapat pada makanan yang manis-manis.

Kopi

Kopi yang mengandung kafein dosis tinggi bertindak sebagai diuretik yang bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak air hingga berakibat dehidrasi. Dehidrasi sangat buruk untuk kulit karena dapat menyebabkan kulit keriput dan bintik-bintik. Untuk menghindarinya, cobalah menyeimbangkan kopi dan air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Soda manis

Minum minuman soda yang manis sama buruknya dengan merokok. Para peneliti menemukan, mengonsumsi 20 ons soda per hari dikaitkan dengan 4,6 tahun penuaan. Jadi, sebotol air soda sehari dapat memotong lima tahun hidup Anda lebih cepat.

Olahan daging

Olahan daging adalah makanan dari daging yang diolah, seperti sosis, daging ham atau bacon, semua olahan daging tersebut pasti lebih asin. Hal tersebut bisa menimbulkan peradangan pada kulit dan bisa membuat kulit memerah, bengkak hingga terlihat tidak sehat. Biasanya pada bagian wajah.