Manfaat Kunyit bagi Kecantikan dan Kesehatan

26-12-2016 01:12:55 By Addo Richard
img

JakartaVenue -  adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura).

Ternyata, selain dikenal sebagai salah satu bumbu masak yang banyak digunakan, ternyata kunyit memiliki banyak manfaat lainnya baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Dibawah ini adalah kandungan yang terdapat dalam kunyit:

§  Minyak Atsiri 
§  Pati
§  Zat Pahit
§  Resim
§  Selulosa
§  Mineral

§  Kurkumin


Kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut Khususnya pada lambung, merangsang, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, Selain itu, Kandungan-kandungan pada kunyit bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti ; Diabetes, proses penyembuhan luka, tifus, usus buntu,disentri, keputihan, amandel, diare, sariawan, eksim, dll. Selain bermanfaat bagi kesehatan, kunyit juga memiliki kontribusi dalam dunia kecantikan, apa saja manfaatnya,? berikut manfaatnya ;

1. Menghaluskan kulit
2. Menyamarkan kerutan
3. Mengobati kulit wajah berminyak
4. Mengencangkan kulit 
5. Mengatasi kerontokan rambut dan ketombe
6. Melembabkan kulit kering
7. Mengatasi penuaan dini
8. Usus buntu, dll

Penggunaan kunyit instant, sebaiknya tidak dilakukan untuk pengobatan (khususnya untuk ibu-ibu hamil), karena ada kandungan-kandungan lain yang mungkin bisa berbahaya bagi kandungan terutama obat pengawet dan pewarna.