Ternyata Kopi Hijau Bermanfaat Bagi Kesehatan

26-12-2016 10:12:21 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Kopi biasanya diminum saat pagi atau sore hari, sambil membaca Koran atau nonton televisi. Bagi sebagian besar orang, terutama kaum lelaki minum kopi saat pagi hari adalah semacam ritual sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun bagi sebagian orang lagi  minum kopi adalah sebuah gengsi gaya hidup dalam pergaulan. Bahkan ada yang kontra mengatakan bahwa minum kopi dapat memperpendek usia, karena dalam kopi terkandung unsur kafein yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Benarkah demikian?

Dalam dunia medis memang ada penilaian atau pandangan bahwa mengkonsumsi kopi terlalu banyak dan berkesinambungan tidak baik bagi kesehatan. Tapi ternyata ada sebuah penelitian bahwa ternyata kopi juga bermanfaat bagi kesehatan kita. JV Readers mungkin tidak percaya atau belum banyak tahu tentang kopi yang dapat dikonsumsi sebagai terapi diet.

Kopi ini bukan sembarang kopi seperti yang biasa kita minum, tapi ini adalah kopi hijau yang terbuat dari biji kopi Arabica yang tidak melalui pemanggangan. Karena ternyata biji kopi yang melalui proses pemanggangan ini dapat membuat antioksidan kopi berkurang jauh, itulah sebabnya kopi hitam lebih banyak mengandung kafein dari pada antioksidan. Nah kopi hijau yang tidak melalui tahap pemanggangan ini selain mengandung antioksidan juga banyak mengandung vitamin, mineral dan unsur-unsur lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari kopi hijau bagi kesehatan, yakni:

Antioksidan

Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa biji kopi hijau mentah yang belum diolah mengandung 100% asam klorogenik (CGA), yang memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat dan dapat berguna menjaga kadar glukosa dalam darah serta menjaga sel-sel kulit dari kerusakan.

Membantu membakar lemak

Biji kopi hijau juga sarat dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh serta membakar kalori dan lemak yang merugikan dengan cepat

Membantu mengurangi diabetes

Ekstrak biji kopi hijau juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah serta mengobati penyakit diabetes melitus tahap 2, serta mencegah kolesterol yang dapat mengakibatkan gejala penyakit jantung.

Meningkatkan energy

Biji kopi hijau juga mengandung kafein yang tinggi, yang dapat berfungsi sebagai penguat energi yang sangat baik bagi tubuh.

Mengurangi pengaruh radikal bebas

Asam klorogenat yang ada dalam kopi hijau ternyata dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh 10x lebih kuat dibanding teh hijau, sehingga dapat membantu menjaga tubuh dari unsur beracun dan merusak yang dapat mengakibatkan penuaan dini, merusak sistem kekebalan tubuh, dan kerusakan pada kulit dan rambut.

Demikianlah ulasan tentang biji kopi hijau yang banyak mengandung manfaat kesehatan bagi tubuh kita disbanding kopi hitam yang biasa kita konsumsi. Karena kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan yang dapat mengurangi antioksidan dalam kopi.