Cara Cerdas Berlibur Dengan Nyaman

26-12-2016 09:12:20 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue - Setelah lelah dengan pekerjaan yang menyita waktu, tenaga, dan pikiran maka saat liburan adalah waktu yang pas untuk melepaskan semua kepenatan dan stress dalam pekerjaan. Mengisi liburan bersama keluarga, teman, atau kerabat adalah hal yang ditunggu-tunggu steiap orang baik yang sekolah maupun yang bekerja. Namun sayangnya ternyata saat liburan usai banyak juga orang yang tambah pusing dan mengeluh. Apa yang sebenarnya terjadi? Bukankah seharusnya lebih bersemangat setelah berlibur?

JV Readers yang setia, memang benar jika sehabis libur seyogyanya kita akan bersemangat saat akan kembali melakukan aktifitas kita baik yang bersekolah maupun bekerja. Karena setelah berlibur biasanya pikiran jadi lebih tenang, segar, dan fresh. Tapi kenapa ada keluhan seperti diatas? Hal ini dikarenakan adanya pengeluaran yang berlebih dan menjadi beban baru. Pengeluaran ini mengakibatkan keuangan menjadi carut-marut, hutang yang harus dilunasi, dan berbagai masalah lain. Sehingga liburan yang harusnya menyenangkan menjadi senjata makan tuan yang memusingkan kepala, inilah permasalahan baru seusai liburan.

Berikut Tim JakartaVenue ingin berbagi tips mengenai solusi dari masalah yang timbul setelah liburan. Ada beberapa hal yang harus JV Readers perhatikan apabila akan melakukan kegiatan liburan/ bepergian, sebagai berikut:

Merencanakan tujuan

Merencanakan tujuan untuk liburan adalah hal yang pertamakali harus/wajib dilakukan. Hal ini supaya apabila saatnya waktu libur tiba kita tinggal melaksanakannya.

Menabung

Setelah merencanakan tempat, waktu, dan tujuan liburan, maka langkah berikutnya adalah menabung. Menabung disini dimaksudkan supaya kita tidak kebingungan saat liburan tiba atau memastikan liburan pasti dilaksanakan. Selain itu juga menghindari kita mengambil dana liburan dari pos anggaran pengeluaran yang lain, atau berhutang pada orang lain/kartu kredit.

Buat daftar kebutuhan

Ada beberapa hal/ keperluan yang terdapat didalam anggaran liburan yang harus di perhatikan, yaitu mulai dari tempat, transportasi, akomodasi, dan konsumsi atau makanan. Hal ini untuk menjaga tidak terjadinya pengeluaran yang sia-sia dan bersifat pemborosan.

Menggunakan jasa biro perjalanan wisata

Bila kita tidak atau belum tahu tujuan/tempat wisata yang akan dituju sebaiknya pakai jasa biro perjalanan wisata. Hal ini agar pengeluaran yang diperlukan tidak membengkak, alih-alih menghemat dengan jalan sendiri malah kebingungan dan membuat pengeluaran membengkak serta lebih mahal dan besar dari ketika kita menggunakan jasa biro perjalanan wisata.

Membawa uang secukupnya

Usahakan membawa uang sesuai dengan kebutuhan atau lebihkan 10% untuk biaya tak terduga saat kita bepergian/wisata. Ini mempermudah kita mengontrol pengeluaran dan menghindari berhutang.

Belanja secukupnya

Apabila kita ingin membeli oleh-oleh, belilah yang sifatnya grup atau bukan perorangan. Misalnya untuk rekan kerja kita belikan jajanan yang bisa dinikmati beramai-ramai baik itu makanan maupun barang. Hal ini jauh lebih hemat disbanding kita belikan secara perorangan, yang penting tidak mengurangi rasa hormat kita dan pengertian dari orang-orang yang akan menerimanya.

Itulah beberapa tips yang tim JakartaVenue dapat berikan kepada JV Readers sekalian, kiranya tips ini dapat bermanfaat dan menghindari kita dari kecerobohan ataupun beban saat kita berlibur dan sesudahnya. Selamat menikmati liburan dengan nyaman, aman dan sukacita!!!