Bagi Yang Gemar Bersantap, Ini Kuliner Khas Natal

23-12-2016 08:12:02 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Hari Natal tinggal sebentar lagi, pastinya nih bagi JV Readers yang merayakannya sudah membuat berbagai persiapan menyambut hari Kelahiran Yesus Kristus (Isa Almasih). Mulai dari menghias rumah, memasang dan menghias pohon natal, membuat aneka kue, hingga mempersiapkan menu makanan khusus buat natal. Nah omong-omong tentang makanan, apa saja sih makanan yang khas di sajikan setiap natal?

Yang pasti satiap perayaan atau hari besar agama tertentu pasti punya yang namanya menu special atau makanan khasnya. Berikut ini tim JakartaVenue ingin mengulas sedikit tentang apasaja menu makanan yang khas pada saat hari Natal tiba. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau, banyak provinsi, beraneka ragam budaya dan tradisi, serta keragaman agama yang dipeluk oleh setiap warga negaranya. Ada beberapa wilayah di Indonesia ini yang mayoritas penduduknya memeluk agama Kristen/Kristiani antara lain Sumatera utara (suku Batak), Sulawesi (Utara), Maluku, Papua, dan NTT (Katolik). Daerah-daerah ini ketika Hari Natal tiba mempunyai beberapa tradisi kuliner atau makanan khas yang selalu disajikan saat Natal, bahkan bisa disebut tradisi umum umat Kristiani di Indonesia.

Mari kita tengok beberapa makanan khas Natal ini, sebagai berikut:

Manado (Sulawesi Utara)

Ada beberapa masakan yang pasti disajikan ketika hari Natal tiba yaitu ayam rica-rica, bubur Manado, dan ikan woku.

Tapanuli (Sumatera Utara)

Suku Batak dimana pun pasti sudah tidak asing dengan kue Lapet khas Tapanuli. Kue Lapet adalah jajanan/makanan yang khas disajikan disaat Natal tiba atau perayaan besar lainnya. Kue yang berasal dari tepung beras dicampur dengan kelapa parut dan dibungkus dengan daun pisang berbentuk piramida ini mempunyai rasa yang khas pula.

Ambon (Maluku)

Sebagian masyarakat Ambon akan mengubah menu makanan mereka dengan kue Poporcis/Poffertjes pada saat Natal, kue yang terbuat dari labu kuning dengan campuran terigu ini menjadi favorit saat Natal sebagai menu sarapan. Sedangkan menu utamanya adalah Papeda, bubur sagu yang disajikan bersama dengan ikan kuah kuning.

Itulah beberapa sajian khas pada saat Natal yang tidak boleh lupa disajikan pada saat makan bersama keluarga maupun kerabat di daerah tersebut, bahkan saat dinegeri rantau seperti Jakarta pun menu khusus ini tidak akan lupa disajikan ataupun diperkenalkan pada tamu yang datang.