Galeri Salihara : Pameran Seni Rupa Kompetisi Karya Trimatra Salihara Bertajuk Lingkungan Hidup

20-12-2016 11:12:53 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Sebuah kompetisi Seni Rupa Trimatra yang diadakan oleh Komunitas Salihara. Acara yang diselenggarakan setiap tiga tahun ini telah memasuki tahun kedua setelah kompetisi tahun pertama yang berlangsung pada 2013. Pada tahun tersebut para seniman yang berhasil memenangkan kompetisi selain mendapatkan hadiah uang, selain itu para pemanang juga dikirim untuk menjadi seniman mukiman selama kurang lebih dua bulan di Zentrum Fur Kunst und Ubanistik (ZK/U) di Berlin.

Namun tujuan utama dari kompetisi ini bukanlah hanya hadiah berupa uang tunai, tetapi lebih kepada pencarian darah-darah baru tenaga pengubah seni rupa di Indonesia, serta membantu merangsang dan menintensifikasikan kreativitas bakat-bakat tersebut. Arti kata Trimatra sendiri berarti tiga dimensi dari kata Tri yang berarti tiga dan Matra yang dalam bahasa umumnya berarti dimensi. Tetapi memang kata matra lebih sering digunakan pada bidang seni seperti musik dan sastra.

Pada Kompetisi Karya Trimatara Salihara yang di selenggarakan tahun 2016 kali ini menawarkan tema “Lingkungan Hidup”, dimana dari 166 karya seni yang masuk akhirnya para dewan juri memilih 25 karya terbaik. Karya-karya terbaik yang telah terpilih tidak hanya berhasil menerjemahkan dan memadatkan arti “Lingkungan Hidup” di Indonesia menjadi sebuah karya seni Trimatra secara umum, namun karya-karya yang terpilih justru berhasil menanggapi dan menafsirkan sebuah “Lingkungan Hidup” di Indonesia secara kritis bahkan melampaui bahasa klise dan keumuman.

Jika penasaran ingin menyaksikan dan memandangi pameran karya-karya para pemenang dan karya-karya yang terpilih pada Kompetisi  Trimatra Salihara 2016, Pameran ini gratis dan terbuka untuk umum yang masih bisa di nikmati hingga tanggal 24 Desember 2016 mendatang di Galeri Salihara Pasar Minggu.

Penulis: Prastiko Destamto
Foto: 
Prastiko Destamto