Serba-serbi Natal dan Tradisinya

20-12-2016 10:12:10 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Hari Natal atau Christmas Day adalah hari besar bagi umat Nasrani di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Isa Almasih (Yesus Kristus) ke dunia. Tidak terkecuali dengan Indonesia yang terdiri dari berbagai agama, Natal juga masuk dalam kalender libur nasional ke-agamaan bagi umat Kristen di Indonesia. JV Readers yang merayakan natal, tahukah kalian Natal itu identik dengan apa saja? Dan apa saja sih tradisi Natal itu?

Natal biasanya pasti identic dengan warna merah dan hijau, salju, Santa Klaus, kado, pohon natal, hiasan-hiasan natal, dan masih banyak lagi. Sebenarnya ada satu lagi JV Readers, yaitu saling mengirim ucapan/salam natal via kartu natal. Namun sekarang dengan adanya kemajuan teknologi gadget orang sudah tidak memakai kartu natal melainkan menggunakan fitur-fitur medsos seperti facebook, instagram, twitter dan sebagainya.

Disamping hal-hal diatas yang identik dengan natal, yang patut diketahui juga adalah tradisi yang selalu dilakukan saat Natal tiba. Tradisi ini berbeda-beda disetiap negara termasuk Indonesia, yang setiap daerahnya juga punya cara masing-masing. Hanya ada beberapa tradisi yang hampir sama diseluruh dunia ketika menjelang Natal, yaitu:

Memasang dan menghias pohon natal

Memasang pohon Natal dan menghiasnya sebagai simbol menyambut natal. Bahkan ada yang memasangnya sejak masuk musim penghujan (bulan September/Oktober).

Membuat aneka kue

Awal bulan Desember biasanya sudah ada yang mulai membuat aneka kue kering khas Natal. Sebenarnya kue-kuenya hampir sama dengan kue-kue lebaran seperti nastar, kue keju, dan lain-lain.

Menghias rumah

Selain menghias pohon natal, rumah juga tidak ketinggalan dihias, misalnya mengecat rumah agar tampak rapih, memasang hiasan natal di dinding/tembok rumah dan pintu, bahkan ada yang mengihias halaman rumah dengan pohon cemara asli yang diberi lampu natal.

Belanja baju dan perlengkapan natal

Biasanya para pekerja yang menerima THR (tunjangan hari raya) mempergunakannya dengan berbelanja baju natal dan perlengkapan natal lainnya.

Beribadah ke Gereja

Mulai awal bulan Desember biasanya sudah ada gereja yang mengadakan acara/ibadah Natal. Sampai puncak acaranya tanggal 25 Desember.

Tukar Kado

Pada hari Natalnya (25 Desember), selain ibadah ke Gereja juga mengadakan berbagai acara bersama keluarga berupa tukar kado diantara sesame jemaat gereja atau antar kerabat dan keluarga. Karena momentum natal yang menjadi waktu berkumpulnya semua anggota keluarga maupun kerabat dekat, yang biasanya diawali doa bersama.

Nah JV Readers kira-kira itulah beberapa tradisi yang selalu dilakukan setiap Hari Natal tiba. Hal yang sama seperti ketika semua umat beragama merayakan hari raya kebesarannya baik Islam, Kristen, Hindu, Budha, Katolik ataupun Konghucu sesuai dengan tradisi masing-masing. (bbs)