Rambut Putih Yang Jadi Momok Banyak Orang

20-12-2016 11:12:12 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Rambut adalah mahkota, demikian menurut orang tua dahulu. Namun banyak orang yang berpendapat rambut menunjukan tingkat kematangan atau kedewasaan seseorang. Karena itu banyak yang panik dan kuatir apabila melihat ada uban atau rambut putih mulai muncul.

Biasanya mereka takut dibilang sudah tua atau terlalu banyak mikir. Nah sebenarnya apa yang membuat uban muncul, padahal usia masih muda?
Menurut penilaian para ahli rambut hal ini mungkin karena pemakaian gel rambut atau minyak rambut yang berlebihan atau berkesinambungan. Atau bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan yang menyebabkan uban/rambut putih muncul di usia muda. Lantas kalau dari ilmu medis bagaimana?

Berikut tim JakartaVenue coba menjelaskan dari sisi kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber kesehatan mengenai rambut putih ini, sebagai berikut: Warna hitam pada rambut manusia adalah hasil dari pigmentasipada folikel rambut yang terdiri dari dua jenis melanin, yaitu eumelanin dan pheomelanin yang mana eumelanin lebih dominan menghitamkan warna rambut. Tetapi melanin ini dapat berubah seiring berjalannya waktu, dimana ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhinya.

Lantas faktor atau kondisi apa saja yang mempengaruhi perubahan tersebut? Berikut kondisi atau faktor yang mempengaruhinya, yakni:

Faktor usia
Secara genetik faktor usia sangat mempengaruhi perubahan melanin dan warna rambut manusia, dalam medis sebutannya achromotrichia.
Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan
Ada beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi munculnya rambut putih atau uban bahkan kerontokan. Seperti Albino, penyakit yang diakibatkan kekurangan pigmen dalam tubuh atau kelainan imun yang dapat menyebabkan perubahan warna pada beberapa bagian tubuh manusia.

Obat-obatan
Penyakit yang agak kronik atau berat biasanya mendapat perawatan dengan obat-obatan paten/keras, nah pengaruh obat-obatan paten ini biasanya mengarah ke rambut. Dampaknya perubahan warna atau kerontokan.

Merokok
Terakhir adalah faktor kebiasaan merokok. Hal ini mungkin tidak kita ketahui pasti, namun ada beberapa penelitian yang mengungkap alasan ini.
 
JV Readers yang baik, sebenarnya masalah rambut putih ini tidak perlu kita kuatirkan sekali, karena banyak juga model rambut yang sengaja di kasih atau di cat putih supaya gaul. Jadi bila rambut kita mulai berubah warna, hal ini juga bisa kita siasati dengan menyemirnya dengan cat hitam khusus buat rambut. Sehingga rambut kembali berwarna hitam lagi. (bbs)