Konser Ini Tercatat Sebagai Konser Terbesar Tanah Air

18-12-2016 11:12:39 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Menghadiri konser, merupakan salah satu kegiatan hiburan yang menyenangkan. Apalagi, jika konser yang kita datangi tersebut dihadiri oleh band atau artis favorit kita. Ditambah, band atau artis tersebut sangat terkenal yang tentu akan membuat fanatisme penggemar untuk hadir cukup besar.

Kehadiran dan banyaknya penonton dalam sebuah konser terkadang menjadi tolak ukur kesuksesan acara itu sendiri.Lantas di sejarah musik tanah air siapa yang memegang rekor dan tercatat sebagai pagelaran konser musik terbesar sepanjang sejarah.

Sejarah mencatat konser terbesar yang pernah terjadi di Indonesia adalah konser Kantata Takwa bersama Iwan Fals dengan 150 ribu penonton pada tahun 1991 yang sampai sekarang belum terpecahkan di Indonesia.

Konser ini dianggap pengamat musik sebagai konser terbesar dan termewah yang pernah terjadi di Indonesia, karena menggunakan tata lampu yang mewah dan pertama kali pada masa itu.     

Konser ini juga merupakan konser revolusi dan luapan rakyat karena terkekang zaman Orba. Band yang digawangi Jockie Suprayogo, Sawung Jabo, Setiawan Djodi, dan sang bintang Iwan Fals, berhasil memukau dengan lagu-lagu andalan,  Paman Dobleng, Rajawali, dan Hio hio. Meski konser berjalan seidkit ricuh, dengan aksi "bakar-bakaran", akhirnya berjalan lancar.

Apalagi, ketika Iwan Fals tampil dengan beberapa seniman dan musisi ternama, seperti W.S. Rendra, Inisisri, dan Donny Fatah. Alhasil hit 3 B, Badut, Bongkar, dan Bento, benar-benar memuaskan penonton yang datang. Pasalnya, saat itu keadaan di Indonesia belum bebas seperti sekarang, akibat tekanan politik dari Pemerintah.

penonton yang datang saking membludak sehingga  semula berada di tribun menjebol pagar Stadion GBK untuk bisa berada di area festival karena melihat suasana dan orang yang sedemikian banyaknya.

Kerusuhan juga terjadi di luar Stadion GBK karena banyak sekali orang yang kecewa tidak bisa masuk, bayangkan kapasitas GBK yang hanya 88.000 dan kursi sudah terisi oleh 150.000 orang sehingga tumpah ke area lapangan.