Siasati Barang Bekas jadi Berbagai Hiasan Natal

18-12-2016 07:12:05 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Barang-barang bekas memang sering menjadi pekerjaan rumah yang menyebalkan. Dikerjakan butuh waktu yang lama, tapi tidak dikerjakan atau dirapihkan pemandangan mata kita gak betah melihat semuanya berantakan. Terus, bagaimana kita menanganinya? JV Readers yang baik, untuk hal yang satu ini sebenarnya bisa kita siasati dengan cara dimanfaatkan menjadi barang-barang kerajinan daur ulang loh…Caranya kita kumpulkan sesuai dengan jenisnya, misal barang pecah belah kita kumpulkan dalam satu tempat, lalu barang-barang jenis lainnya juga sama. Nah sesudah itu baru kita pikirkan apa yang akan kita buat pertama atau kerajinan apa yang akan kita buat, bila belum ada ide bisa kita lihat atau kita pelajari dari teman atau kerabat kita. Atau bisa kita cari di internet mengenai cara membuat kerajinan atau hiasan dari barang bekas.

Ngomong-ngomong tentang hiasan sebentar lagi perayaan natal, nah biasanya menjelang natal selalu ramai menghias pohon natal dengan berbagai hiasan. Mungkin moment ini bisa JV Readers manfaatkan untuk melaksanakan ide membuat hiasan dari barang-barang bekas. Bahkan bukan tidak mungkin ide ini mendatangkan keuntungan, hitung-hitung iseng tapi beruntung. Banyak hiasan yang bisa kita buat untuk moment natal ini  seperti boneka sinterklas, boneka salju, kereta salju dan lain-lain.

Berikut tim JakartaVenue coba beri gambaran beberapa macam hiasan natal yang sering dicari orang, yaitu:

Hiasan gantung pohon natal dari cd bekas

Pasti untuk barang yang satu ini selalu ada di setiap rumah, baik cd room atau cd bekas lagu. Lalu cd-cd bekas ini kita bentuk menjadi berbagai hiasan gantung pada pohon natal, bisa berupa bola,kotak, maupun segitiga. Bisa juga kita gabungkan dengan barang-barang lain seperti toples bekas selai, bola kecil bekas mainan anak-anak dan sebagainya.

Lampu atau boneka dari bekas botol air mineral

Bila ada botol-botol bekas air mineral yang berserakan sebaiknya jangan kita buang. Karena dari botol bekas air mineral ini bisa dibuat berbagai bentuk hiasan seperti boneka atau lampu hias.

Hiasan dinding dari tutup botol sirup

Biasanya bila kita minum sirup botol dan tutupnya tidak langsung kita buang, ada sebagian yang memanfaatkan botolnya sebagai wadah air minum untuk di kulkas. Nah tutup botolnya bisa kita manfaatkan sebagai hiasan gantung untuk di tembok atau bisa juga di pohon natalnya.

Boneka salju dari kaos kaki bekas

Kaos kaki bekas anak sekolah atau yang sudah tidak terpakai dapat kita sulap menjadi sebuah boneka salju atau boneka lainnya.

Koper atau kado hias dari kardus sepatu

Biasanya selain bagian pohonnya yang kita hias, pada bagian bawah pohon natal juga biasanya ada pernak-pernik hiasan. Bisa kado, boneka, atau kartu-kartu natal. Jadi bekas kardus bungkus sepatupun dapat kita manfaatkan jadi hiasan berupa kado kotak atau wadah berupa bangunan mainan dan sebagainya

Kira-kira lima macam contoh diatas dapat menjadi pembuka ide untuk berkarya bagi JV Readers sekalian guna mengatasi masalah dengan barang-barang bekas yang ada di rumah. Jadi tidak selamanya barang bekas hanya jadi sampah rumah tangga yang terbuang percuma, namun bila dapat kita siasati dengan baik kemungkinan besar malah jadi benda yang berguna dan bernilai ekonomis.