Ajaib, Khasiat dari Tape Singkong

17-12-2016 07:12:48 By Iwan Inkiriwang
img

Jakartavenue - Tape singkong merupakan salah satu makanan asli dan khas orang Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia bahkan dikenal sebagai sentra pembuatan/pengolahan tape seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagainya. Ada dua macam bahan utama untuk pembuatan tape yakni singkong dan ketan yang kaya akan karbohidrat, lalu diolah dengan cara difermentasi. Seperti halnya yogurt, kefir, cuka apel, cuka madu, dan lain- lain yang kita kenal sebagai makanan berfermentasi dengan kaya nutrisi, begitu juga dengan tape.

Untuk membuat tape diperlukan bahan lain sebagai campuran fermentasinya, yaitu ragi (bibit jamur). Selain itu selama proses pembuatan tape perhatikan bahwa bahan dan alat harus dalam keadaan bersih, terutama dari lemak dan minyak. Hal ini menghindari gagalnya proses fermentasi tape. Tape singkong yang terbuat dari hasil fermentasi yang baik dan sempurna akan menghasilkan rasa yang manis, lembut, dan aroma yang khas.

JV Readers yang setia, setelah pembahasan tentang tape dan proses pembuatannya ada satu hal yang sangat penting yang tim JakartaVenue ingin jelaskan lebih dalam tentang tape singkong, yaitu manfaat dan khasiat tape singkong bagi kesehatan. Mungkin JV Readers selama ini hanya mengetahui bahwa tape singkong dikonsumsi sebatas penganan ringan saja, tanpa mengetahui lebih jauh tentang khasiat dan manfaatnya.

Menurut salah seorang ahli mikrobiologi pangan dari Universitas New South Wales dalam sebuah seminar tentang pangan di UGM-Jogjakarta mengatakan bahwa dalam sebuah penelitian yang pernah dibuatnya tentang tape menyimpulkan bahwa ternyata tape kaya akan vitamin B1 yang sangat diperlukan oleh otak sebagai pengganti beras putih. Karena tape mengadung yeast yang dapat mensintesis Vitamin B1. Hal ini disebabkan pada waktu proses penggilingan beras putih banyak kehilangan lapisan kulit ari yang mengandung vitamin B1 hingga 80%, belum lagi stelah dicuci dan dipanaskan pada waktu memasak nasi.

Bagi anak-anak vitamin B1 sangat diperlukan bagi sistem saraf pusat, jadi kekurangan Vitamin B1 dapat mengakibatkan berbagai masalah pertumbuhan pada anak-anak seperti malas belajar bahkan bisa mengakibatkan beri-beri. Vitamin B1 berfungsi sebagai koenzim thiamin pirofostas yang mengkatalis karbohidrat, lemak, dan protein untuk menghasilkan energi. Kegagalan metabolisme energi ini dapat mempengaruhi neuron dan fungsinya pada bagian tertentu syaraf otak.

Selain vitamin B1, tape juga mengandung Vitamin B3 yang bermanfaat membantu mengurangi stress dan membuat kita lebih santai, kemampuan mengikat dan mengeluarkan aflatoksin dari dalam tubuh, dan mencegah anemia. Berikut manfaat-manfaat lain dari tape, yakni:

1. Menghilangkan jerawat
2. Obat luka bagi penderita diabetes
3. Menghangatkan badan
4. Membantu tubuh lebih berenergi
5. Meningkatkan gairah seksual
6. Diet
7. Sumber probiotik
8. Meningkatkan sistem syaraf dan otot
9. Meningkatkan fungsi pencernaan
10. Mengatasi penyakit darah tinggi
11. Mencegah pengeroposan tulang
12. Mengatasi masalah maag
13. Mengatasi masalah wanita (haid)
14. Mengatasi wasir (ambeien)

Ternyata manfaat dari tape cukup banyak kan, jadi sudah selayaknya tape menjadi makanan yang dikonsumsi bertujuan menjaga kesehatan. (bbs)