Radikal Bebas Melinjo Dapat Mencegah Penuaan Dini

17-12-2016 10:12:57 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Selain enak diolah berbagai jenis makanan seperti Sayur Asem, Emping, Oseng-oseng kulit melinjo, dll. Ternyata jenis tumbuhan melinjo memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, salah satunya Penuaan Dini yang terjadi terjadi ketika tubuh seringkali terpapar oleh radikal bebas. Gejalanya bisa berupa flek hitam, kerutan, kulit kering dan sebagainya. Tri Agus Siswoyo, seorang peneliti dari Universitas Jember menyatakan bahwa aktivitas antioksidan dalam biji melinjo setara dengan vitamin C dalam menangkal radikal bebas. Sehingga daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit dan polutan semakin meningkat. 

Melinjo memiliki nama latin Gnetum Gnemon dan berasal dari keluarga Gnetaceae. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melinjo menghasilkan senyawa antioksidan yang diperoleh dari konsentrasi protein tinggi. Hampir semua bagian tanaman melijno memiliki kandungan protein, namun yang paling potensial terdapat pada bijinya. Secara evolusi, melinjo merupakan saudara dekat dari Ginkgo Biloba yang dapat memperkuat daya ingat otak.

Selain fakta diatas, kandungan gizi dan antioksidan pada Tanaman Melinjo memiliki manfaat lain yaitu ;

1.Antioksidan pencegah kanker
2. Mencegah anemia
3. Mencegah penyakit jantung
4. Melancarkan pencernaan
5. Meningkatkan daya ingat
6. Mempercepat proses penyembuhan pada luka

Riset empiris membuktikan Ekstrak Ethanol kulit Melinjo Muda rebus 100 ppm menghambat dan juga menghancurkan kinerja Xantin. Berdasarkan penelitian, buah melinjo adalah musuh bagi penderita asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun dibalik itu, ternyata kulit buah melinjo digunakan sebagai obat asam urat alami. Hasil riset, senyawa yang terkandung pada kulit melinjo atau Gnetum gnemon itu mampu menghambat kinerja xantin oksidase-enzim pensintesis asam urat yang berkhasiat untuk mencegah penyakit asam urat atau gout.