Cara Mengurangi Minus Pada Mata

16-12-2016 11:12:26 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Mata minus atau rabun merupakan suatu keadaan dimana kita tidak dapat melihat suatu objek secara jelas. Dan rabun terbagi dari rabun jauh (Miopia) dan rabun dekat (Hiperopia) yang keduanya menyebabkan kurang maksimalnya fungsi mata. Ada beberapa hal penyebab mata anda minus, salah satunya adalah pola hidup.

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, mempunyai resiko lebih besar untuk terkena penyakit mata minus ketimbang orang yang hidup dan tinggal di pedesaan. Hal tersebut dikarenakan pola hidup atau kebiasaan masyarakat diperkotaan banyak menghabiskan waktu di tempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh. Selain itu juga karena beraktivitas didepan layar monitor, gadget  dengan waktu yang tidak sebentar, sehingga ini akan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata dan lama-kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seperti itu.

Selain itu, ada beberapa faktor lain penyebab mata minus seperti, faktor keturunan (genetika), mata kurang istirahat dan juga faktor makanan. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi gangguan mata minus anda, antara lain:

Konsumsi makanan yang memberikan nutrisi pada mata, terutama suplemen mata

Cara mengurangi mata minus ini merupakan cara yang paling banyak memerikan keuntungan karena hasilnya berguna bagi kesehatan tubuh Anda, bukan hanya untuk mata saja. Mata membutuhkan vitamin A, ?-carotene, vitamin E, zinc dan berbagai nutrisi lainnya untuk bisa berfungsi dengan baik.

Melatih mata mengganti-ganti objek yang dilihat

Jika Anda sering menatap satu objek dalam waktu lama, hal itu akan membuat otot mata menjadi kaku, oleh karena itu sering-seringlah mengganti objek yang dilihat.

Lepas Kacamata jika tidak diperlukan

Cobalah lepaskan kacamata yang anda pakai jika dirasa kurang diperlukan, seperti saat anda berada di ruangan yang sempit dan tidak sedang bekerja tentunya. Anda dapat melakukan hal ini jika masih bisa melihat dengan jelas walau pun tanpa memakai kacamata.

Biasakan mengistirahatkan Mata

Biasakan untuk mengistirahatkan mata Anda dengan memandang kejauhan minimal 15 menit setiap jamnya.  Hal ini akan sangat mencegah kenaikan mata minus Anda.

Terapi Daun Sirih

Mata minus juga dapat disembuhkan dengan daun sirih, caranya sangat mudah. Kita hanya perlu 2 lembar daun sirih, kemudian cuci bersih daun sirih tersebut dan tempel dimata anda setap kali anda tidur. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Biasakan membilas mata

Jangan lupa untuk membersihkannya mata anda, jika perlu, anda bisa menggunakan tetes mata agar mata terhindar dari kotoran dan bakteri.

Metode Lilin
Anda hanya perlu menyalakan lilih dan tataplah lilin tersebut tanpa banyak berkedip dan tunggulah hingga keluar banyak air mata anda. 

So, bagi kalian yang memiliki mata minus, hal-hal diatas bisa kalian coba lakukan dari sekarang. Semoga informasi diatas bermanfaat, "Adioss....!!!"