Tips Memilih Pola dan Warna Pada Pakaian yang Tepat

16-12-2016 01:12:16 By Rasyid Hadi
img

JakartaVenue - Memiliki tubuh ideal dan langsing merupakan idaman bagi tiap individu baik pria maupun wanita. Banyaknya faktor seperti berat badan yang berlebih atau kurang, membuat rasa percaya diri akan memudar di depan umum. Beragam cara untuk membuat fisik terlihat lebih menarik pun dilakukan. Tidak hanya dengan menjaga pola hidup dan makan yang sehat, tetapi kamu dapat membuat beragam trik untuk membuat tubuhmu terlihat lebih “bagus” dengan cara menyiasati penampilanmu dengan memilih warna dan corak dalam berpakaian.

Memilih busana dapat membuat tubuhmu terlihat lebih indah. Pattern warna dan corak yang cocok dapat membuat tubuhmu seakan terlihat lebih proposional atau ideal. Kita dapat “menipu” penampilan kita lewat ilusi optik yang dihasilkan oleh permainan corak dan warna baju. Dengan mengetahui warna dan corak baju yang cenderung memberi kesan penuh ataupun padat, fashion kamu akan menjadi lebih maksimal.

Berikut adalah tips tips yang dapat kamu ikuti dalam memilih corak warna dan pola pada bajumu agar badan mu terlihat lebih ideal, diantaranya:

Hindari Menggunakan Warna Terang dan Mengkilap Jika Kamu Memiliki Berat Badan Lebih.

Kuning, putih, merah, dan warna cerah lainnya akan tampak mencolok jika kamu memakainya. Jika tubuhmu kurang ideal atau gendut kamu lebih baik jangan memakai baju berwarna cerah, karena lekukan tubuhmu akan sangat terlihat dan mencolok jika kamu memakai pakaian berwarna cerah. Usahakan kamu memakai baju berwarna gelap, karena efek warna gelap akan menutupi lekuk tubuhmu yang kurang proposional.

Tidak harus berwarna gelap total, kamu dapat memadukan dengan beberapa warna cerah, tapi kamu harus memasukan warna gelap lebih dominan di banding warna cerah pada busanamu.


Hindari corak Horizontal dan Tebal, Jika Kamu Memiliki Berat Badan Lebih dan Pendek.

Corak horizontal kesamping akan membuat ilusi seakan tubuhmu terlihat lebih lebar. Jika kamu mempunyai tubuh gemuk, kamu lebih baik berhati hati dengan corak horizontal pada pakaianmu.

Coba cari motif dengan garis vertical keatas dan bawah, agar tubuhmu yang lebar terlihat lebih langsing karena efek garis tersebut.

Hindari corak Horizontal dan Tebal, Jika Kamu Memiliki Berat Badan Kurang dan Tinggi.

Terbalik dengan tips yang diatas, jika kamu memiliki badan yang kurus dan tinggi, kamu justru harus menghindari pola pakainan yang berbentuk Vertikal. Pilihlah baju dengan motif horizontal, karena efek dari pola tersebut akan membuat tubuhmu seakan lebih berisi

Hindari pakaian yang berenda-renda atau berumbai-rumbai

Sebaiknya jangan mengenakan pakaian yang terlalu terlihat ramai. Pakaian yang terlalu banyak hiasannya atau memiliki corak terlalu meriah seperti, renda dan rumbai akan membuat tubuhmu makin padat dan penuh. Pakaian seperti itu yang sering digunakan perempuan berbadan kurus agar lebih berisi. Jadi, pilihlah pakaian yang memiliki corak sederhana saja atau bermain dengan pakaian brokat akan membuatmu tampil lebih elegan.

Hindari corak atau gambar yang besar dan ramai pada pakaianmu

Semakin ramai corak yang ada di baju kamu akan memberikan kesan berisi pada tubuh. Dengan mengurangi corak dan menggunakan pakaian yang agak polos akan memberikan tampilan lebih kece dan elegan.

Kamu boleh saja mengenakan baju bercorak polkadot atau bunga-bunga tetapi usahakan untuk menghindari motif yang besar. Pilihlah polkadot bentuk titik daripada lingkaran besar, begitu pula dengan motif bunga.

Hindari efek pelebaran dari celana kotak-kotak

Biasanya akan terlihat lebih pendek ketika memakai jenis celana atau jeans yang terbuat dari kain dengan pola kotak-kotak, bergaris, bunga, atau corak lainnya.

Jika kamu ingin menggunakan celana bercorak, sebaiknya pilih corak garis yang sangat sempit dan celana menggantung langsung dari pinggul tanpa distorsi. Corak garis vertikal dengan pola yang sangat kecil, atau pola vertikal yang mengkamuflase bentuk kaki supaya terlihat lebih kecil dengan warna pakaian netral juga bisa dipilih karena tidak akan membuat kamu tampak lebih gemuk dan pendek.