Efek Kentang Bagi Kulit Wajah

14-12-2016 09:12:05 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Kentang adalah tanaman yang termasuk umbi-umbian yang banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Kentang biasa dikonsumsi sebagai campuran sayur sop dengan wortel, atau adapula yang mengolahnya menjadi aneka makanan lain seperti perkedel, donat, tumis dan sebagainya. Namun dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kentang juga dipakai sebagai masker wajah untuk perawatan kulit wajah.

Apasaja sih kandungan nutrisi dalam kentang? Kentang banyak mengandung beberapa jenis mineral antara lain: sulfur, kalium, dan fosfor yang sangat dibutuhkan oleh kulit wajah kita. Mineral-mineral ini menstimulasi kolagen dan elastin yang bisa membuat kulit wajah kita kencang dan awet muda, sehingga tidak mudah timbul kerutan-kerutan penuaan. Bukan Cuma itu saja, vitamin C dalam kentang juga berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat mencegah kerusakan pada sel kulit wajah terutama terhadap bakteri penyebab jerawat.

Dengan tambahan campuran bahan-bahan lain seperti madu, susu, wortel, minyak zaitun, kacang almond, atau tepung beras dan putih telur khasiat kentang akan tambah terasa lagi. Berikut adalah beberapa manfaat dari masker kentang yakni:

1. Memutihkan wajah

2. Menghilangkan bekas jerawat, luka, dan cacar

3. Menghilangkan flek hitam

4. Mengangkat sel mati 

5. Menghilangkan kerutan dan keriput

6. Mengatasi kulit berminyak, dan

7. Mengatasi kulit kering

Nah JV Readers, cara pembuatan masker kentang ini juga tidak sulit sehingga kita bisa membuatnya sendiri. Hal ini dapat menghemat pengeluaran yang besar jika kita harus membeli atau melakukan perawatan kulit di salon-salon kecantikan dan spa. Berikut beberapa langkah dalam pembuatan masker kentang, yaitu :

  • Siapkan kentang dan bahan-bahan lain seperti putih telur, madu, minyak zaitun, dan lain-lainnya.  Kemudian langkah selanjutnya tentukan bahan-bahan tersebut yang akan kita campur dengan kentang sebagai bahan utamanya. Khusus untuk kentangnya bisa diparut atau diblender supaya halus.
  • Campuran kentang dengan putih telur dapat menjadi masker untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.
  • Campuran kentang dengan madu yang ditambah lemon bermanfaat untuk melembabkan kulit, antibakteri, menjaga kesegaran kulit, dan menjaga kesegaran kulit.
  • Campuran kentang dengan minyak zaitun dapat bermanfaat mencerahkan kulit wajah agar tampak bersinar.
  • Campuran kentang dengan wortel berkhasiat mencegah keriput dan meremajakan kulit tetap kencang.

Jadi kita bisa menentukan masker kentang apa yang akan kita buat adalah sesuai dengan keinginan kita sendiri. Selanjutanya silahkan JV Readers mencoba dan rasakan sendiri khasiat dan manfaat masker kentang sebagai terapi perawatan kulit wajah anda. Selamat mencoba! 

(referensi: dikutip dari berbagai sumber)