Lika-liku perjalanan sukses SLANK

14-12-2016 04:12:05 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Berawal dari grup band anak sekolah, mengalami belasan kali transformasi personil, dan sempat hampir bubar namun sampai sekarang akhirnya mereka masih eksis bahkan menjadi salah satu band rock yang melegenda. Itulah seklumit perjalanan panjang jatuh bangun sebelum akhirnya menjadi terkenal dan melegenda, perjalanan menuju sukses yang panjang dari SLANK sebagai sebuah grup band rock yang mapan.

Lebih dari 30 tahun sudah mereka berkiprah di blantika dunia panggung dan music rock Indonesia, tepatnya 33 tahun sejak berdiri pada 26 Desember 1983. Diawali keinginan dari seorang Bimo Setiawan Almachzumi yang adalah seorang pemain drum membentuk band bersama teman-teman sekolahnya di Perguruan Cikini Jakarta, terbentuklah Cikini Stone Complex (CSC) sebuah band yang beraliran rock dengan lebih banyak membawakan lagu-lagu Rolling Stone sebagai kiblatnya. Bosan dengan hal tersebut pada tahun 1983 Bimo membubarkan CSC, kemudian bersama sepupunya Denny BDN (Bang Denny) dan dua orang teman eks CSC dia (Bimo) membentuk band baru dengan nama “RED EVIL”. Tak berselang lama band inipun berganti nama menjadi SLANK, yang diambil dari sebuah julukan terhadap personilnya karena selalu bergaya sleng-ean dan mengganti huruf g dengan k supaya gaul.

Berjalannya waktu mengiringi langkah grup band Slank mengalami hingga 14 kali pergantian formasi personilnya, hingga pada tahun 1996 setelah album ke-6 Slank baru mendapat formasi yang solid hingga saat ini setelah bergabungnya Kaka, Ivanka dan Ridho serta Abdee. Dengan formasi Bimo atau lebih dikenal dengan Bimbim pada drum, Kaka (vokal), Ivanka (bass), Ridho (gitar), dan Abdee (gitar) hingga sekarang Slank sudah membuat 32 album studio, 4 album live, 4 album soundtrack, 2 album mini dan 2 album sponsor. Selain itu prestasi mereka juga sudah mendunia dan Go public dengan para Slanker dan Slanky (fans wanita Slank)yang sudah tersebar diseluruh nusantara bahkan sampai di Hongkong dan tergabung dalam wadah yang bernama SFC (Slank Fans Club).

Slank adalah sebuah grup musik rock yang cinta damai dan pada kenyataannya mereka bukan saja dapat merebut hati para penggemarnya, tetapi juga dapat membangkitkan semangat dan solidaritas dari sebuah generasi untuk punya sikap. Diakui juga bahwa Slank sendiri sudah sering mengalami banyak suka duka dalam bermusik bahkan para personil mereka seperti Bimbim dan Kaka pernah punya masa lalu yang kelam dengan narkoba, namun dibuktikan mereka mampu keluar dan melewati masa suram itu, kini mereka menjadi teladan bagi para band-band rock muda tanah air bahwa mencapai kesuksesan itu tidak mudah terlebih menjaga kesuksesan dan kekompakan tim serta dukungan dari para fans mereka yang tidak pernah berkurang bahkan bertambah terus.


   (sumber dikutip dari sejarah slank dan slank dalam wikipediaindonesia)