Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan

14-12-2016 11:12:37 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue - Buah naga adalah buah dari jenis tanaman kaktus, yaitu marga Hylocereus dan Selenicereus yang berasal dari Amerika Tengah, Meksiko serta Amerika Selatan. Buah berbahasa Inggris Dragon Fruit ini memiliki beberapa jenis, seperti buah yang berwarna merah dengan daging buah putih, buah berwarna merah muda dengan daging buah merah, buah berwarna kuning dan daging buah putih serta buah yang berwarna sangat merah.

Memiliki rasa yang agak manis dan biji hitam kecil, buah yang mulanya sebagai tanaman hias ini membawa segudang manfaat bagi kesehatan, kecantikan juga baik untuk pemenuhan kebutuhan vitamin serta mineral dalam tubuh. Buah naga kaya akan air sebanyak 87 g, dengan kandungan lemak sebesar 0.4 g tergolong rendah lemak atau bahkan tidak ada, mengandung serat yang cukup tinggi sebesar 0.04 mg, vitamin B1 (Thiamine) 0.04 g, Vitamin B2 (Riboflavin) 0.05 mg, vitamin B3 (Niacin) 0.16 mg, vitamin C (Ascorbic Acid) 20.5 mg, kalsium 8.5 mg yang berarti mengandung 3x lebih banyak dari kalsium yang dikandung wortel.

Buah naga memiliki manfaat yang sangat beragam mulai dari yang sederhana hingga manfaat yang penting. Berikut beberapa manfaat buah naga:

Mempercantik Penampilan

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi membuat buah ini mampu menjaga kesehatan kulit kita, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan untuk luluran bagi kaum wanita.

Cegah Penuaan Dini dan Menjaga Stamina

Penuaan dini adalah kondisi dimana kulit maupun wajah terlihat lebih tua. Hal ini dapat terjadi salah satunya karena polusi udara. Buah naga memiliki anti oksidan untuk membantu mencegah penuaan dini juga membantu menjaga kesehatan dan stamina.

Merawat Kesehatan Mata

Buah naga juga megandung beta-karoten yang merupakan cikal bakal terbentuknya vitamin A, maka buah ini juga dapat merawat kesehatan mata kita.

Meringankan Batuk dan Gangguan Pernapasan

Saat mengalami batuk atau gangguan pernapasan akan sangat mengganggu aktivitas kita tentunya. Buah naga memang bukan untuk mengobati tapi dapat membantu meringankan masalah tersebut. Karena memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi hingga membuat sestem kekebalan tubuh kita lebih kuat dari serangan penyakit dan melawan infeksi.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Darah Tinggi

Kandungan vitamin C, B1, B2, dan B3 yang terdapat dalam buah naga dapat menjaga kesehatan jantung juga mengatasi darah tinggi. Makanan ini juga dikenal untuk membantu mengurangi tingkat stres oksidatif yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular.

Mencegah Sekaligus Mengobati Kanker

Buah ini sangat kaya akan antioksidan phytoalbumin  makanya ia dapat membantu pembentukan radial bebas karsinogenik dalam tubuh, juga kaya serat, kalsiums, fosfor, vitamin C dan B2 serta yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh yang beberapa adalah penyebab kanker. Bahkan kandungan vitamin kompleksnya tersebut sudah direkomendasikan dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.

Mencegah Osteoporosis

Menurut FAO, buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf karenanya dapat mencegah osteoporosis. Selain itu buah ini juga memiliki zat besi cukup tinggi yang sangat diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.