Tips Berbelanja Yang Baik Agar Tidak Boros

13-12-2016 09:12:24 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Belanja pada dasarnya adalah urusan kaum hawa, terutama para ibu rumah tangga. Namun belakangan belanja bukan lagi tugas seorang isteri atau ibu-ibu saja melainkan menjadi sebuah tren bagi semua kalangan baik perempuan maupun laki-laki, tua atau muda. Hal ini terjadi karena banyaknya pusat perbelanjaan yang menawarkan konsep berbelanja aman dan nyaman sebagai solusi berbelanja di era modern ini. Coba kalau berbelanja masih seperti waktu-waktu lalu, dimana hanya ada pasar tradisional yang becek kalau hujan, kumuh, banyak copet, dan lain sebagainya yang menimbulkan kesan tidak aman dan kurang nyaman.

Tetapi bukan berarti trend baru berbelanja ini tanpa ada keluh kesahnya, bahkan banyak orang yang mengeluh dalam menghadapi trend berbelanja ini. Banyak yang mengakui memang berbelanja dipusat perbelanjaan modern seperti sekarang ini terasa jauh lebih aman dan nyaman, tetapi justru hal ini membuat angka pengeluaran bertambah jauh lebih besar karena setiap datang ke pusat perbelanjaan pasti membeli barang jauh lebih banyak dari yang seharusnya. Mengapa demikian? Banyaknya barang-barang yang ditawarkan dengan berbagai diskon membuat setiap orang memiliki hasrat berbelanja yang meningkat, belum lagi kualitas barang yang ditawarkan, model atau disainnya yang menarik.

Kaum hawa yang sering menjadi korban dari trend ini, kebiasaan berbelanja yang menjadi kesukaan mereka ini mejadi petaka besar. Sering kali mereka berbelanja diluar apa yang seharusnya mereka belanjakan. Nah bagi kaum laki-laki ini menjadi pekerjaan rumah yang besar, karena mereka harus memberi uang belanja ekstra bagi para istri yang punya hobi berbelanja diluar belanja kebutuhan rumah tangga.

Menghadapi masalah ini sebenarnya ada beberapa solusi yang dapat dijadikan jalan keluar antara lain:

1.   Tetap Belanja

Ketika bicara belanja, bukan berarti harus selalu membeli sesuatu yang baru, tapi tetaplah berbelanja kebutuhan sehari-hari sesuai dengan daftar yang tertera pada daftar belanja anda. Hal ini akan membuat hobi belanja anda tersalurkan tapi tidak memboroskan.

2.   Belilah Barang Yang Dibutuhkan

Membeli barang yang tidak dibutuhkan walaupun semurah atau sebagus apapun, itulah yang dapat mengakibatkan pemborosan. Selektiflah dalam berbelanja dan singkirkan hawa nafsu untuk memiliki segala sesuatu yang indah dilihat.

3.   Buat Daftar Anggaran Belanja

Mungkin hal ini terkesan perfeksionis, tapi cara ini biasa digunakan oleh para ibu dalam mengatur belanja bulanan mereka. Tidak ada salahnya jika diterapkan oleh kita-kita yang masih belia, apalagi untuk anak kost yang biasanya selepas gajian atau terima kiriman dari ortu langsung pergi mall dan belanja membabi buta. Daftar belanja akan membantu kalian dalam mengatur pengeluaran agar tidak boros dalam berbelanja.

Kurangi Pengeluaran Jajan

Nah kebiasaan ini (jajan-red) pasti sering dilakukan siapapun manusia di belahan manapun berada. Jajan masuk dalam catatan belanja rutin, namun bila kita terbiasa jajan atau ngemil maka sebaiknya kita kurangi, boleh sih tapi ada baiknya diatur tidak berlebihan supaya kita bisa punya anggaran untuk berbelanja yang pokok.

Keempat hal diatas Tim JakartaVenue berikan agar para JV Readers yang punya hobi belanja dapat tetep menyalurkan hobinya tanpa takut menjadi boros atau bangkrut.


Editor: Ganest Afliant