Tugu Monumen Nasional sebagai Identitas Bangsa Indonesia dan Kota Jakarta

12-12-2016 11:12:25 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Sebuah kota dikenal karena memiliki sesuatu sebagai identitas layaknya manusia memiliki nama sebagai identitasnya. Di Indonesia ini banyak sekali kota besar yang dikenal sebagai Ibukota sebuah Provinsi seperti Bandung, Surabaya, dan lain- lain. Begitu juga dengan Ibukota sebuah negara sebagai pusat sebuah pemerintahan negara seperti Kuala Lumpur (Malaysia), Singapore (Singapura), atau Bangkok (Thailand) sebagai contohnya. Lalu apa yang dimaksud dengan identitasnya? Identitas disini adalah sebuah bangunan yang menjadi symbol kota-kota tersebut, seperti patung singa di Singapura, atau Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, serta Pagoda di Bangkok.

Jakarta juga memiliki sebuah bangunan yang bukan saja sebagai identitasnya, tapi juga sebuah bangunan sejarah tentang Jakarta yang ada didalamnya yakni sebuah tugu kebanggaan warga Jakarta. Bangunan tersebut adalah Tugu Monumen Nasional (Tugu Monas), sebuah banguna yang tepat berada ditengah pusat/jantung Ibukota negara Republik Indonesia yang kita cintai ini. Sebuah bangunan setinggi 132 meter ini didirikan untuk mengenang perjuangan seluruh rakyat Indonesia untuk memperebutkan kemerdekaan dari tangan pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Mulai dibangun pada 17 Agustus 1961 dibawah perintah Presiden Soekarno, dibuka untuk umum pada tahun 1975 tepatnya tanggal 12 Juli. Bangunan yang pada bagian atas berbentuk lidah api yang dilapisi lembaran emas ini berada tepat di depan Istana Presiden.

Tugu Monas, sekali lagi bukan saja bangunan yang menjadi identitas bagi warga Jakarta khususnya tetapi bagi seluruh warga negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain itu Tugu Monas juga menjadi sebuah tempat wisata dan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah. Bukan hanya dari dalam negeri saja tapi juga wisatawan mancanegara yang datang ke Jakarta pasti tujuan utama mereka mengunjungi Monas. Belumlah pas berkunjung ke Jakarta/Indonesia bila tidak mampir ke Monas, kira-kira begitulah gambaran para wisatawan tersebut.

Dari sekian banyak tempat wisata di Jakarta Monas memang menjadi tempat rekreasi keluarga yang punya daya tarik tersendiri. Karena selain dikelilingi taman-taman yang luas, apabila kita naik sampai ke puncak Monas, maka kita dapat melihat pemandangan kota Jakarta dari empat sudutnya. Itulah mengapa banyak sekolah-sekolah memilih Monas sebagai tujuan wisata belajar mereka bagi para murid-murid, terutama murid sekolah dasar. Karena selain berwisata para murid tersebut dapat belajar dan diedukasi tentang sejarah negara Republik Indonesia juga sejarah tentang Kota Jakarta yang megah ini.