Iwan Fals, Sang Legenda Dicinta Tua Muda

12-12-2016 10:12:43 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Penyanyi balada sangat jarang di Indonesia, karena jarang sekali orang yang suka dengan musik-musik seperti ini. Kebanyakan orang senang dengan music pop, rock, atau pop-rock. Tapi tidak demikian dengan Virgiawan Listanto atau yang akrab disapa Iwan Fals. Penyanyi kelahiran Jakarta 3 September 1961, yang berarti saat ini sudah berumur 55 tahun adalah penyanyi beraliran Balada, Pop, Rock, dan Country.

Iwan Fals mengawali karir menyanyi sekitar tahun 1970, lewat lagu-lagunya Iwan Fals seakan memotret kehidupan sosial masyarakat Indonesia sampai sekarang. Hampir semua lagu-lagunya mengambil tema atau berisi tentang kritik, empati, atau bencana yang melanda Indonesia ataupun luar negeri.

Selain berkarir sebagai penyanyi, sebenarnya Iwan Fals juga aktif di dunia olahraga. Hal ini dibuktikan dari gelar juara II Karate tingkat Nasional dan Juara IV karate tingkat Nasional di tahun 1989. Bahkan Iwan sempat masuk pelatnas dan menjadi pelatih karate di kampusnya serta menjadi kolomnis di beberapa tabloid olahraga.

Ada sebuah album yang saat ini banyak dicari penggemarnya bahkan para kolektor. Album tersebut sebenarnya adalah album pertama Iwan Fals saat bersama kawan-kawanya membuat grup band bernama Ambradul, namun album tersebut gagal dipasaran. Kegagalan inilah yang sempat membuatnya kembali mengamen seperti yang pernah dilakoninya saat tinggal di Bandung.

Hingga saat ini Iwan Fals masih bernaung dibawah label Musica Studio, namun sebelumnya Iwan sudah pernah merekam sekitar 4-5 album. Bersama Musica barulah lagu-lagu Iwan digarap lebih serius dibawah aransemen Willy Soemantry, seperti album Sarjana Muda.

Tahun 1989 Iwan bergabung dengan kelompok SWAMI dan merilis album dengan judul yang sama, disinilah nama Iwan Fals semakin populer. Terlebih dua buah lagunya Bento dan Bongkar menjadi hits dan sangat fenomenal. Mendapat dukungan penuh dari seorang pengusaha yang hobi bermusik yakni Setiawan Djody, tahun 1990 Iwan Fals bergabung dengan Kantata Takwa yang membuat karirnya semakin menanjak dimana konser-konsernya bersama Kantata Takwa saat itu dianggap sebagai konser music terbesar dan termegah hingga saat ini.

Beberapa lagu Iwan Fals yang sempat hits dan meledak dipasaran adalah : Kemesraan, Mata hati, Orang pinggiran, Katakan kita Rasakan, dan Yang terlupakan. Untuk Album lagu Iwan Fals hingga saat ini sudah kurang lebih 40 album miliknya yang selalu dicari dan diburu para kolektor dan penggemarnya.