Libur Natal dan Tahun Baru Jangan Sampai Kehabisan Hotel

09-12-2016 10:12:54 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue - Libur Natal dan akhir tahun selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu sepanjang tahun. Pada kesempatan ini, sebagian besar masyarakat memanfaatkannya untuk berlibur. Di saat yang sama, permintaan akan penginapan/hotel di kota-kota destinasi favorit, meningkat drastis yang selalu diikuti dengan kenaikan harga kamar. Melihat fenomena ini, pegipegi sebagai Online Travel Agent yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat dan tiket kereta api, melakukan riset untuk menemukan pola dan waktu terbaik booking hotel untuk mendapatkan harga terbaik, dan terhindar dari tragedi ‘kehabisan kamar’.

 

Berdasarkan data internal pegipegi, pencarian hotel mengalami peningkatan yang drastis pada minggu keempat, yaitu mencapai 3,5 kali lipat apabila dibandingkan dengan minggu pertama. Pencarian kembali menurun pada minggu kelima, meski volumenya masih lebih banyak dibanding minggu ketiga.

Melihat tren tersebut, hal serupa diprediksikan akan terjadi tahun ini. Peningkatan pencarian hotel melalui internet diperkirakan akan terus naik dan mencapai puncaknya pada minggu keempat (18-24 Desember). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar traveler memang menyukai bepergian dan mengurus perjalanan secara dadakan.

 

Kebiasaan bepergian yang berkesan tak terencana ini, ternyata dilakukan oleh 43.72% pelanggan pegipegi. Pelanggan ini rata-rata memesan hotel pada 3 hari sebelum keberangkatan, dan bahkan ada yang memesan pada hari H kedatangan di tempat tujuan. Golongan ini, tentu saja kerap mengalami beberapa masalah seperti kamar yang tak tersedia (fully booked), pilihan hotel terbatas, atau terpaksa membooking dengan harga kamar meroket. Selain para traveler on the go di atas, sebagian pelanggan pegipegi telah melakukan pemesanan hotel untuk liburan pada 8-14 hari ke depan, dan tak sedikit pula yang telah memesan hotel sebulan sebelumnya. Golongan terakhir ini, umumnya lebih terencana, dan mendapatkan kamar yang diinginkan dengan harga lebih murah.


“Berdasarkan data internal kami, ternyata masih banyak yang mencari hotel setelah Natal. Namun pada saat itu, pilihan hotel dan kamar yang tersedia sudah sangat terbatas. Hal ini membuat mereka sulit untuk mendapatkan hotel yang diinginkan, terutama di kota-kota yang menjadi destinasi favorit liburan. Kami menyarankan, lakukan booking hotel setidaknya 12 hari atau maksimal 1 minggu sebelum Natal agar kamar masih tersedia, dan mendapatkan harga terbaik pula,” imbuh Deputy CEO pegipegi, Ryan Kartawidjaja.  

 

Menyemarakkan libur Natal dan akhir tahun, pegipegi memberikan kado berupa diskon hotel hingga 50%, diskon tiket kereta api hingga Rp 20.000, diskon tiket pesawat hingga Rp 100.000 dan masih banyak lagi lainnya yang dapat dilihat di www.pegipegi.com.